aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

15 Hambatan Komunikasi Interpersonal

Manusia merupakan makhluk sosial yang membutuhkan orang lain untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Salah satu cara yang digunakan ketika butuh seseorang adalah dengan komunikasi.

Salah suat bentuk komunikasi adalah komunikasi interpersonal.

Komunikasi interpersonal merupakan komunikasi yang bersifat informal, seperti pada saat kita mengobrol dengan teman.

Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai hambatan pada komunikasi interpersonal.

Mari kita mulai...

Komunikasi Interpersonal, Hambatan Komunikasi Interpersonal


1. Pengaruh Status

Hambatan pertama dalam proses komunikasi interpersonal adalah pengaruh status. Hal ini bisa saja disebabkan oleh rasa sungkan. Misalnya Bos dengan bawahannya.

2. Perbedaan Cara Pandang

Setiap orang memiliki persepsi yang berbeda-beda mengenai suatu hal. Hal ini dapat menjadi hambatan dalam mengintepretasikan apa yang dibicarakan. Jika tidak dijelaskan secara detail maka akan terjadi perbedaan kesimpulan.

3. Perbedaan Kebudayaan

Kebudayaan merupakan hal yang bisa menghambat proses komunikasi interpersonal. Ketika berbicara dengan orang dengan budaya berbeda kita bisa saja mendapatkan penolakan jika tidak sesuai dengan kebudayaan yang dianut.

4. Gangguan Lingkungan

Ketika berbicara dengan orang lain ditempat umum kita tidak bisa mengontrol gangguan apa yang ada pada lingkungan tersebut. Misalnya ada suara bising atau orang yang berbicara keras.

5. Gangguan pada Media yang digunakan

Saat ini komunikasi interpersonal tidak hanya dilakukan secara tatap muka, tetapi juga bisa menggunakan media seperti telepon. Nah, ketika menggunakan telepon ini terkadang sinyal hilang atau ada gangguan lain.

6. Tidak Ada Tanggapan dari Lawan Bicara

Hambatan selanjutnya adalah ketika lawan bicara tidak merespon apa yang kita bicarakan. Tidak adanya tanggapan akan membuat percakapan tidak bisa berjalan.

7. Penggunaan Bahasa yang Berbeda

Bahasa merupakan alat untuk berkomunikasi dengan orang lain. Jika kita berbicara dengan bahasa yang sama tentunya akan mudah dipahami. Namun, jika kita ingin berbicara dengan orang lain yang berbeda bahasa akan menemui masalah.

8. Keterbatasan Fisik

Pada kasus ini dikaitkan dengan seseorang yang memiliki keterbatasan secara fisik. Misalnya orang yang tidak bisa berbicara. Orang yang tidak bisa berbicara akan menggunakan bahasa isyarat, sehingga tidak bisa berkomunikasi dengan sembarang orang.

9. Perbedaan Generasi

Perbedaan generasi juga menjadi hambatan dalam komunikasi interpersonal. Perbedaan usia ini berkaitan dengan perbedaan istilah-istilah yang digunakan ketika berbicara.

10. Gangguan Emosional

Emosi memiliki pengaruh terhadap kondisi seseorang. Kondisi emosi yang tidak stabil akan mengganggu seseorang ketika berinteraksi dengan orang lain.

11. Kecepatan dalam berbicara

Orang yang berbicara dengan cepat bagi sebagian orang akan kurang memahami apa yang dibicarakan. Berbicara terlalu lambat juga membuat orang yang mendengar bosan karena terlalu lama.

12. Gangguan Semantik

Gangguan ini disebabkan karena kita salah menuliskan atau mengucapkan sebuah pesan sehingga dapat menyebabkan kesalahpahaman dimana akhirnya pesan tidak dipahami sebagaimana harusnya pada saat pesan disampaikan.

13. Faktor Kepribadian

Karakter yang kita punya sering-kali bisa menghambat komunikasi. Misalnya kepribadian orang yang introvert,orang introvert pasti akan lebih susah untuk mengungkapkan sesuatu karna malu atau rendah diri berbanding dengan orang ekstrovert.

14. Keterbatasan Pengetahuan

Sedikitnya wawasan yang dipunya akan menjadi salah satu unsur yang dapat menghambat komunikasi.

15. Kehilangan Kefokusan

Saat seorang mengobrol pada kita, tapi pada saat itu kita tengah kehilangan kefokusan antara kita dengan orang itu terhadap apa yang dibahas, hal itu membuat tidak diterimanya pesan secara baik oleh pendengar karena kehilangan fokus.

Semoga bermanfaatt!
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar