aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

6 Contoh Liabilitas Jangka Panjang dalam Perusahaan

Contoh Liabilitas Jangka Panjang dalam Perusahaan

Liabilitas jangka panjang merupakan rangkaian kewajiban yang harus dijalankan oleh suatu perusahaan yang minimal dalam satu tahun atau satu siklus operasi perusahaan.

Atas dasar itulah liabilitas jangka panjang dianggap sebagai kewajiban yang harus ditanggung oleh perusahaan dan harus dibayarkan dalam kurun waktu tertentu.

Masalah yang akan muncul ketika liabilitas yang tidak dibayarkan oleh perusahaan yaitu akan memperburuk citra perusahaan.

Berikut ini contoh-contoh dari liabilitas jangka panjang didalam suatu perusahaan.

Saham

Dalam menyertakan modal pada suatu perusahaan besar dapat berupa saham. Penyertaan modal harus dikembalikan oleh pemilik perusahaan pada jangka waktu tertentu. Pengembalian modal dalam bentuk deviden yang harus diterima oleh pemegang saham.

Perusahaan wajib mengembalikannya kepada pihak-pihak yang bersangkutan. Pengembalian modal yang digunakan disepakati bersama oleh semua pemegang saham.

Utang Obligasi

Sumber dana yang digunakan untuk pendanaan perusahaan. Sumber dana tersebut adalah obligasi yang dimiliki perusahaan dari pihak orang lain. Utang obligasi biasaya memiliki jangka panjang. Utang ini termasuk dalam catatan utang jangka panjang dan jumlah terutangnya tinggi pada nilai nominalnya.

Utang ini umumnya tidak terdiri dari satu orang saja, tetapi dari beberapa orang yang bekerjasama dengan perusahaan. Obligasi mempunyai jangka waktu tertentu untuk dikembalikan kepada pemiliknya.

Utang Wesel

Pembayaran transaksi yang didelegasikan kepada lembaga keuangan yang bekerja sama. Utang wesel harus dilunasi dalam jangka waktu tertentu berdasarkan kesepakatan.

Transfer pembayaran untuk transaksi dengan perusahaan ini berlaku dalam jangka waktu yang disepakati. Wesel ini merupakan jenis utang yang belum masuk jatuh tempo atas wesel yang ada.

Kewajiban Pensiun

Merupakan kewajiban perusahaan untuk menyediakan dana pensiun bagi karyawan tetap perusahaan. Pemberian dana pensiun ini telah disepakati oleh kedua belah pihak. Pemberian dana pensiun juga bersifat jangka panjang dan untuk karyawan yang telah memenuhi syarat.

Pemberian dana pensiun ini merupakan dana yang harus dikeluarkan oleh perusahaan sampai akhir usia. Pemberian dana pensiun hanya untuk pihak-pihak yang memenuhi syarat yang telah ditetapkan oleh perusahaan.

Kewajiban Sewa

Biaya sewa ruang kantor yang digunakan untuk menjalankan bisnis. Sewa biasanya dibayar dalam jangka waktu tertentu. Biaya sewa bentuk usaha tetap biasanya bersifat jangka panjang mengingat perkembangan perusahaan.

Untuk biaya sewa, terutama untuk sewa tempat usaha pasti akan terus dikontrak untuk memudahkan akses pihak-pihak yang tertentu.

Mengingat lokasi perusahaan juga menjadi pertimbangan untuk memperoleh berbagai jenis akses usaha yang telah terbentuk berkaitan dengan prinsip-prinsip pemasaran.

Utang Mortgage

Utang mortgage merupakan utang jangka panjang dengan sebutan lain yaitu utang hepotik. Utang jangka panjang tersebut adalah berupa pembelian sebuah properti yang digunakan oleh perusahaan. 

Dalam pembelian properti dilakukan untuk jumlah yang besar. Namun, pembelian properti biasanya dibayarkan dengan cara mengangsur.

Utang mortgage hanya untuk properti yang memiliki nilai besar dan memiliki kegunaan besar dalam keberlangsungan usaha yang dilakukan oleh perusahaan. Contoh utang properti yang memiliki nilai besar adalah tanah.


Semoga Bermanfaat!

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar