aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Ciri-Ciri Sistem Ekonomi Komando yang Perlu Diketahui

Ciri-Ciri Sistem Ekonomi Komando yang Perlu Diketahui

Sistem Ekonomi Komando atau yang dikenal sebagai ekonomi terpusat, pada dasarnya semua fungsi kegiatan ekonomi dipengaruhi oleh kebijakan pemerintah, bukan kegiatan ekonomi. Apapun keputusan yang diambil, harus sejalan dengan kehendak pemerintah.

Tujuan komando adalah untuk melindungi pekerja dari perbudakan perusahaan. Perusahaan multinasional di beberapa negara mungkin memperlakukan pekerja dengan tidak menguntungkan, sehingga pemerintah mengambil langkah-langkah untuk melindungi rakyatnya dan memenuhi kebutuhan ekonomi mereka.

Berikut ini beberapa ciri-ciri dari Ekonomi Komando yang perlu diketahui.

Kekuasaan Tertinggi di Tangan Pemerintah

Dalam kedudukan ini, rakyat tidak berhak menjalankan berbagai jenis usaha tanpa pengaturan pemerintah. Pemerintah membuat kebijakan yang berbeda di daerah yang berbeda, dan rakyat hanya melaksanakan semua rencana.

Seluruh Modal Dimiliki oleh Pemerintah

Modal yang digunakan dalam berbagai jenis usaha yang dilakukan di dalam negeri dimiliki oleh negara. Oleh karena itu, sistem ekonomi ini memuat berbagai aturan yang ada di dalam rumah tangga untuk pemenuhan segala kebutuhan penting yang diatur oleh negara.

Kegiatan Ekonomi yang Dikontrol Pemerintah

Pemerintah mengendalikan semua kegiatan di dalam negeri, terutama di bidang ekonomi. Berdasarkan hal tersebut, sumber daya manusia merupakan tenaga kerja yang memegang peranan penting dalam memenuhi kebutuhan sistem perekonomian ini karena pemerintah dapat menjalankan segala kegiatan dengan baik.

Jadi pada dasarnya, orang-orang ini tidak dapat digantikan oleh teknologi yang semakin canggih seperti robot. Karena manusia adalah penggerak utama dari berbagai tindakan, termasuk kegiatan ekonomi itu sendiri.

Dan untuk penggunaan sumber daya manusia itu sendiri, biasanya disesuaikan dengan keterampilan, pengetahuan, dan kemampuan masing-masing individu.

Rakyat Tidak Memiliki Hak Individu

Hak milik individu yang tidak diakui oleh negara dalam sistem ini menggunakan istilah sewa guna mendapatkan hak untuk menggunakan produk atau fasilitas tertentu.

Namun, sumber daya modal merupakan faktor penting yang harus diingat untuk memenuhi kebutuhan manusia. Pada dasarnya semua perusahaan membutuhkan modal ini untuk kegiatan usahanya karena  dapat digunakan untuk menjalankan proses produksi dengan lancar dan aman.

Sumber daya modal dapat berupa barang atau jasa yang biasa digunakan dalam kegiatan proses produksi untuk memproduksi barang lain.

Kontrol Pemerintah

Pemerintah adalah Chief Executive Officer Ekonomi. Artinya dengan berbagai kegiatan ekonomi, kita dapat mencukupi segala kebutuhan yang dibutuhkan. Selain itu, sebagai entitas ekonomi, manusia  juga menginginkan alat yang memuaskan seperti barang dan jasa yang memenuhi kebutuhannya.

Ada Pemerataan Pendapatan

Penerapan sistem ekonomi ini cenderung mendekati negara komunis karena pendapatan masyarakat merata dan tidak ada ketimpangan pendapatan di antara masyarakat.


Semoga Bermanfaat!

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar