aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

10 Bidang Usaha untuk Kelompok Pelayanan

Bidang Usaha untuk Kelompok Pelayanan

Kelompok pelayanan merupakan tergolong sebagai kelompok orang extrovert, tetapi kepribadiannya berbeda dengan kelompok konsultif.

Oleh sebab itu, bidang-bidang usaha yang sesuai dengan kelompok pelayanan antara lain adalah.

Biro Jasa

Banyak jenis biro jasa, misalnya jasa pengurusan surat-surat, seperti perpanjangan SIM (Surat Ijin Mengemudi), STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan), dan lainnya. 

Ada lagi jasa penarikan kendaraan mogok, sekolah mengemudi, jasa pengiriman TKI, dan sebagainya.

Biro Teknik

Biro ini juga termasuk bidang usaha jasa karena melayani khalayak masyarakat yang mengalami kesulitan dengan peralatan-peralatan teknik dan perawatannya, seperti pompa air listrik, kompor listrik, kulkas, AC, dan instalasi listrik.

Orang-orang dengan kepribadian "servis" sangat unggul dalam bidang tersebut.

Jasa Pengetikan

Jasa pengetikan amat populer dewasa ini karena jumlah kantor dan perguruan tinggi sudah banyak. Mahasiswa yang sedang dalam tugas membuat skripsi dan kantor-kantor yang harus mengerjakan laporan-laporan merupakan pelanggan utama dari jasa pengetikan semacam itu.

Oleh karena itu, perhatikan lokasi usaha yang strategis terhadap pusat-pusat keberadaan pelanggan, seperti kampus dan gedung-gedung perkantoran.

Fotokopi dan Penjilidan

Bidang usaha ini masih satu rumpun dengan jasa pengetikan. Namun, jasa ini memerlukan investasi yang lebih besar daripada jasa pengetikan sehingga perlu dipikirkan bagaimana mencari solusi yang tepat untuk mengatasi modal.

Alternatif yang dapat diambil misalnya mencari mitra penyandang dana, ditambah dengan dukungan dari distributor.

Sablon Pemesanan

Bidang usaha ini sama dengan yang diuraikan dalam bidang usaha persablonan pada kelompok kreatif. Di sini, yang lebih ditekankan adalah sistem pesanan sehingga pelanggan memiliki kebebasan untuk menentukan rancangan dan motif yang dikehendaki.

Dalam keadaan bagaimanapun, harus diusahakan agar industri sablon bisa melayani pesanan di samping produksi standar.

Perbengkelan

Meski pada prinsipnya sama, perbengkelan bisa mencakup berbagai bidang yang berbeda. Misalnya ada bengkel otomotif, yang melayani perbaikan kendaraan roda empat atau hanya menjadi spesialis dalam kendaraan roda dua.

Ada juga bengkel elektronik, seperti perbaikan tv, radio, stereo set, handphone, dan sebagainya.

Pada masa sekarang, pemakaian alat-alat tersebut sudah sangat umum sehingga bidang ini pun cukup menjanjikan. Pilihlah bidang usaha yang paling disukai dan perdalamlah pengetahuan dan keterampilan dalam bidang yang bersangkutan.

Kontraktor dan Jasa Perbaikan Bangunan

Di kota-kota besar, sekarang mulai banyak ditemui pemilik rumah yang menghendaki pemeliharaan tempat tinggalnya bisa dilayani dengan cepat dan baik.

Oleh karena itu, peluang dalam bidang usaha ini cukup diharapkan. Permintaannya sangat bervariasi, mulai dari perawatan yang ringan, seperti pebaikan atap bocor dan pengecatan, sampai renovasi total atau mendirikan bangunan.

Rumah Kos

Untuk kebutuhan karyawan atau mahasiswa di kota-kota besar, permintaan jasa akomodasi dalam bentuk rumah kos atau rumah kontrakan cukup tinggi. Namun, semuanya harus dikembangkan dengan bekal informasi pasar yang cukup.

Salon Kecantikan

Bidang usaha ini tetap menjadi pilihan favorit bagi kaum wanita karena dari masa ke masa, kecantikan merupakan kebutuhan pokok kaum hawa.

Mendirikan usaha ini pun relatif mudah karena tidak memerlukan tempat yang terlalu besar, bisa mengambil tempat di lokasi mana pun, baik dikawasan bisnis atau daerah tempat tinggal.

Untuk mendalami bidang usaha ini, sekolah atau kursus kecantikan banyak sekali dan mudah ditemui, terutama di perkotaan.

Makelar

Makelar adalah bisnis mediator atau perantara yang mempertemukan penjual dan peminat. Dari situ, makelar bisa mendapat fee (uang jasa) yang lumayan.

Makelar bisa berusaha dalam bermacam-macam komoditas, mulai dari tanah, rumah, kendaraan, surat-surat berharga, dan sebagainya.

Untuk menggeluti bidang usaha ini diperlukan keuletan dan kerajinan yang luar biasa, tetapi sekali berhasil dalam penjualan tanah atau rumah, biasanya mendapat keuntungan besar.


Semoga Bermanfaat!

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar