aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

4 Bidang Usaha untuk Kelompok Konsultif

Bidang Usaha untuk Kelompok Konsultif

Bagi kalangan yang extrovert dominan, bidang usaha yang lebih sesuai adalah bidang-bidang yang memungkinkan mereka berada pada posisi sebagai pemegang kendali.

Dengan demikian, jenis-jenis udaha yang cocok untuk kalangan ini yaitu.

Jasa Konsultasi

Dengan menjadi konsultan, orang-orang dari kelompok ini akan biasa menyalurkan pembawaanya yang dominan, langsung pada klien.

Disini, hubungan kerja antara wirausaha (konsultan) dengan pelanggannya (klien) akan sangat cocok. Klien sebagai pihak yang membutuhkan mengikuti yang dinasihatkan, asalkan wirausaha mampu menjelaskan saran-sarannya dengan baik.

Perlu diperhatikan bahwa untuk menjadi konsultan, seseorang harus mempunyai pengetahuan atau keahlian tertentu yang dibutuhkan oleh pelanggannya.

Bidang usaha konsultasi terbentang sangat luas, mulai dari konsultan IT, pajak, keuangan, pemasaran, komunikasi, hukum, fengshui, psikologi, fashion, fitness, kebugaran, gizi, konstruksi, komputer, dan lainnya.

Kursus-Kursus

Alternatif lain bagi kaum konsultatif adalah membuka usaha dalam bidang pendidikan dan pelatihan. 

Kursus-kursus keterampilan dan ketenagakerjaan amat diperlukan di Indonesia karena sebagai negara berkembang,  tenaga-tenaga ahli atau terampil sangat dibutuhkan dalam pelaksanaan pembangunan.

Sampai saat ini, kursus-kursus yang diselenggarakan oleh masyarakat tumbuh dengan suburnya, tetapi tetap saja masih kurang. Oleh karena itu, orang-orang berkepribadian konsultatid bisa dikatakan sangat berpeluang maju dalam bidang ini.

Jenis-jenis kursus yang termasuk popular dan terus dibutuhkan antara lain kursus-kursus bahasa asing, seperti bahasa Inggris, Jepang, dan Mandarin; kursus-kursus keterampilan, seperti sablon, mengetik, komputer, menjahit, memasak, dan sebagainya. Begitu juga dengan kursus-kursus manajemen.

Pusat Kebugaran dan Pelatihan Olahraga

Bagi orang yang menyenangi dan menguasai teknik-teknik berolahraga juga dapat menggunakan kepandaiannya itu untuk berwirausaha.

Antara lain dengan menjadi pelaltih olahraga atau membuka pusat kebugaran (fitness center). Banyak figur sukses yang berasal dari bidang ini. Contohnya, para pelatih profesional sepak bola yang direkrut PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia) yang dikontrak ratusan ribu dolar.

Atau para pelatih aerobik kelas "biasa" saja rata-rata dibayar sekitar Rp.100.000 untuk setiap kali memimpin pelatihan senam pagi selama 1-1,5 jam.

Bidang Perdagangan

Bidang ini merupakan bidang yang banyak diminati entrepreneur dengan kepribadian dominan extrovert. Selain mudah dimasuki, bidang ini dapat dilakukan kapan saja dan mudah pula ditinggalkan.

Pengertian dagang yang palig murni adalah mengambil barang lalu menjualnya kepada pihak lain. Untuk menjalankan perdagangan, bisa ditempuh bermacam-macam jalur, misalnya sebagai distributor, subdistributor, dealer, agen, reseller (penjual), atau retailer (pengecer).


Semoga Bermanfaat!

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar