aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

7 Perlengkapan dalam Olahraga Kriket

Perlengkapan dalam Olahraga Kriket

Kriket adalah olahraga outdor yang dipertandingkan antara dua tim dengan sebelas pemain masing-masing antar tim, ditambah pemukul dan bola. 

Seperti umumnya pada olahraga, perlengkapan sangatlah diperlukan. Begitu juga dalam olahraga kriket, ada beberapa perlengkapan yang harus digunakan dalam bertandingan. 

Berikut ini beberapa perlengkapan yang digunakan pemain dalam olahraga kriket.

Bola Kriket

Perlengkapan pertama olahraga kriket yaitu bola. Bola di dalam olahraga kriket, mempunyai lapisan luar seperti kulit dan diisi gabus yang diikat dengan erat, sehingga bola kriket bertekstur cukup keras.

Bola kriket mempunyai berat berkisar 159-163 gram, dengan diameter lingkaran bola berkisar 224-229 mm.

Warna bola kriket umumnya merah, dengan jahitan benang putih dibagian tengah. Namun, saat ini bola kriket ada yang berwarna putih dan biasa digunakan dalam permainan kriket malam hari.

Gawang (wicket)

Pada olahraga kriket, gawang tidak menggunakan jaring melainkan memakai 3 buah tonggak atau tiang yang berdiri berjajar dan ditancapkan tanah. 

Pada bagian atas tonggak atau tiang terdapat bilah pelindung yang menghubungkan antara tonggak atau tiang. Setiap tiang mempunyai tinggi 71 cm dan diletakkan di ujung-ujung area yang digunakan untuk melempar dan memukul bola kriket.

Helm Pelindung

Helm pelindung digunakan oleh pemain yang ditugaskan untuk memukul bola atau batsman dan pemain yang ditugaskan sebagai fielders.

Helm kriket menutup bagian atas kepala dan dilengkapi besi-besi pada bagian depan yang berguna melindungi wajah. 

Helm pelindung merupakan perlengkapan keamanan  yang wajib untuk disiapkan. Tentunya untuk melindungi pemukul bola dari bola kriket yang keras dan berkecepatan tinggi.

Sarung Tangan

Perlengkapan selanjutnya yaitu sarung tangan. Dalam olahraga kriket, sarung tangan yang digunakan tebal dan cukup besar, yang berguna agar enak digenggam dan melindungi tangan dari efek hantaman bola.

Sarung tangan sangat dibutuhkan untuk posisi pemain batsman dan fielders.

Topi

Perlangkapan yang tak perlu ketinggalan selanjutnya ada topi. Karena umumnya olahraga kriket dilakukan di luar ruangan, jadi topi sebagai pelindung dan juga mencengah para pemain silau dengan cahaya matahari.

Pelindung Kaki

Perlengkapan selanjutnya yaitu pelindung kaki. Perlengkapan ini biasa digunakan oleh batsman, fieldes dan juga penjaga gawang. 

Fungsi dari pelindung kaki adalah untuk melindungi bagian bawah kaki dari hantaman bola kriket yang keras.

Sepatu

Perlengkapan terakhir dan sifatnya wajib adalah sepatu. Dalam pemain olahraga kriket profesional biasanya menggunakan sepatu khusus.

Sepatu khusus olahraga kriket memiliki tekstur ringan dan nyaman digunakan untuk berlari.


Semoga Bermanfaat!

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar