aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Pengertian dan Ciri-Ciri Perusahaan Jasa

Pengertian dan Ciri-Ciri dari Perusahaan Jasa

Sesuatu perusahaan dapat berfokus pada sebagian bidang cocok dengan pemasaran ataupun pelayanannya.

Terdapat bermacam jenis perusahaan yang digolongkan sesuai bentuknya, yakni perusahaan dagang, jasa, marger, perekutuan, serta lain sebagainya.

Pada artikel berikut ini akan membahas mengenai ciri-ciri perusahaan jasa.

Berikut ini ciri-ciri beserta penjelasan tentang perusahaan jasa yang perlu diketahui.

Pengertian

Perusahaan jasa merupakan suatu badan usaha dengan kegiatan utama untuk memberika pelayanan kepada konsumen secara maksimal, dengan sumber pendapatan yang diperoleh berasal dari hasil pelayanan yang diberikan.

Ada pula untuk menetapkan harga pada tiap pelayanan bergantung pada mutu layanan serta target pelanggan yang diseleksi oleh perusahaan. 

Ciri-Ciri

Tidak Memiliki Wujud

Perusahaan jasa tidak menjual suatu jasa yang wujudnya tidak dapat dipegang oleh konsumen namun dapat dirasakan. Hal tersebut adalah ciri khusus dari perusahaan jasa. 

Nilai kepuasan konsumen merupakan kunci kesuksesan dari sebuah perusahaan jasa yang diperoleh setelah memakai pelayanan jasa perusahaan tersebut.

Tidak Terdapat Penyimpanan 

Perusahaan jasa dengan perusahaan barang jelas berbeda, seperti halnya untuk perusahaan jasa service pastinya tidak perlu tempat penyimpanan.

Bila ingin menggunakan jasa tersebut bisa dengan sistem panggilan ataupun datang ke kantor. Hal tersebut menandakan penjualan berupa jasa, jadi tidak adanya penyimpanan.

Pembelian dan Pemanfaatan Tidak Dapat Dipisahkan

Jika konsumen menggunakan jasa tidak dapat dipisahkan antara waktu beli dan pemanfaatannya. Hal tersebut membuat jasa harus dilakukan sekaligus antara produksi dan konsumsi.

Memiliki Sifat yang Sama

Ada bermacam-macam jenis jasa dan memiliki kualitas yang berbeda. Namun, pelayanan jasa akan tetap sama, tetapi akan berbeda dalam hal kepuasan pelanggan.

Tidak Ada Persediaan Produk

Tidak adanya stok produk dalam perusahaan jasa, dikarenakan memang yang dijual adalah pelayanan.

Pelayanan yang baik merupakan kunci utama jika ingin mendatangkan pelanggan dengan terus menerus.

Ketetapan Harga Tidak Pasti

Adanya beragam variasi beragam yang ditawarkan akan membuat perusahaan jasa berhak menetapkan tarif harga sesuai dengan servis yang diberikan.

Jika semakin baik servis yang diberikan, maka harga pun akan semakin mahal. Penetapan harga juga tergantung berdasarkan sasaran pasar yang akan di pilih.

Tidak Terdapat HPP

Dasar penetapan harga bukanlah dari HPP, namun berdasarkan perhitungan lain yang bisa menutup segala kebutuhan selama pelayanan. 

Seperti harga pelayanan dan produk tambahan yang biasa dipakai dalam proses pelayanan.

Terdapat Faktor Pendapatan

Hasil yang diperoleh berbentuk penghasilan. Penghasilan hendak digunakan untuk mengaji karyawan serta membeli bahan tambah guna menunjang pelayanan.

Sisa dari seluruh anggaran yang sudah digunakan baru masuk dalam keuntungan penjualan.

Mempunyai Modal yang Besar

Jasa memerlukan banyak benda yang digunakan untuk melayani pelanggannya. Mulai dari perlengkapan yang digunakan, peralatan, pelayan, serta lain- lain.

Seluruh benda yang diperlukan untuk operasional wajib disediakan terlebih dulu, hingga memerlukan banyak pengeluaran.

Memerlukan Tenaga Kerja Dengan Keterampilan Tertentu

Jasa berkaitan dengan kemampuan dalam bidang tertentu sehingga memerlukan pelayan yang terampil pada bidang tertentu. 

Misal bengkel mobil memerlukan montir, salon kecantikan memerlukan orang yang dapat dibidangnya, tukang cukur rambut memerlukan orang yang pakar, tukang pijat, serta lain- lain. 


Semoga Bermanfaat!

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar