aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Manfaat Beserta Ciri-Ciri Madu Asli yang Wajib Diketahui

Manfaat Beserta Ciri-Ciri Madu Asli yang Wajib Diketahui

Madu merupakan cairan manis dan kental yang diproduksi oleh lebah madu. Madu diproduksi oleh lebah dengan cara mengumpulkan gula dari nektar bunga di sekitar daerahnya.

Madu memiliki beragam manfaat yang sangat diperlukan untuk tubuh, seperti untuk meningkatan imuntas terutama pada masa pandemi ini.

Namun, perlu diwaspadai tidak semua madu yang ada di pasaran sepenuhnya madu murni. Banyak madu palsu yang saat ini beredar dipasaran.

Berikut ini pembahasan mengenai manfaat dan ciri-ciri madu asli yang wajib untuk diketahui.

Manfaat

Tak hanya rasanya yang manis dan enak, ternyata madu asli memiliki beragam manfaat yang berguna untuk kesehatan tubuh, antara lain sebagai berikut.

Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat madu yang pertama yaitu dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Munculnya tekanan darah tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah. 

Tekanan darah tinggi dapat dicegah dengan memanfaatkan kandungan antioksidan yang ada di dalam madu.

Adanya kandungan senyawa fenolik di dalam madu telah terbukti sangat berpengaruh terhadap kesehatan manusia, termasuk untuk menurunkan tekanan darah.

Penyembuhan Luka

Manfaat madu berikutnya yaitu sebagai penyembuh luka yang sudah diketahui sejak zaman dahulu.

Dikarenakan di dalam madu terdapat sifat antiradang dan antibakteri yang dapat membantu penyembuhan luka.

Peningkat Imunitas Tubuh

Selain menyembuhkan luka, madu asli juga dapat meningkatkan imunitas tubuh. Dikarenakan terdapat senyawa fitonutrien yang terkandung dalam madu yang dapat memperkuat sel-sel imun dalam tubuh. 

Hal tersebut tentu akan meminimalisir kemungkinan terjadinya penyakit infeksi. Selain itu, madu juga dipercayai mempunyai manfaat sebagai antibakteri dan antijamur.

Meredakan Batuk

Didalam madu terdapat rasa manis yang dapat memicu produksi air liur guna melembapkan tenggorokan yang kering, sehingga dapat mengurangi rasa gatal pada tenggorokan. 

Tak hanya itu, adanya antioksidan yang beragam pada madu juga bermanfaat untuk meredakan peradangan yang dapat memicu batuk.

Kesehatan Jantung

Adanya senyawa fitonutrien didalam madu dipercayai dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan cara melancarkan aliran darah dan menahan terbentuknya aterosklerosis.

Tak hanya itu, madu juga dipercaya dapat menurunkan tekanan darah serta kadar kolesterol jahat dan lemak dalam darah.

Ciri-Ciri Madu Asli

Dibalik manfaat yang beragam di dalam madu. Ternyata tak hanya madu asli yang dijual dipasaran, ada juga madu palsu yang perlu untuk diwaspadai manfaatnya.

Untuk mempermudah membedakan antara madu asli dan palsu, berikut ini ciri-ciri madu asli yang wajib diketahui.

Tidak Lengket

Ciri pertama pada madu asli yaitu tidak lengket. Untuk mengujian, dapat mengoleskan madu pada kulit di bagian tubuh.

Nantinya dapat terlihat bahwa madu yang asli akan cepat menyerap saat dioleskan pada permukaan kulit. Tetapi, untuk madu palsu akan terdapat butiran-butiran yang tertinggal dan lengket. 

Bertekstur Kental

Selain tidak lengket, madu asli bertekstur kental alami. Untuk mengujian, bisa dengan cara menggoyangkan botol madu tersebut.

Jika ditemui madu bergerak dengan sangat lambat pada saat digoyangkan dapat dipastikan sebagai madu asli. Tatapi, jika madu encer dan cepat bergerak, dapat dipastikan madu palsu.

Tidak Cepat Larut dalam Air

Ciri madu asli berikutnya yaitu tidak cepat larut dalam air. Untuk mengujian, bisa dengan cara mencampurkan madu dengan air pada wadah.

Untuk madu asli, ketika air dimasukkan, madu akan mengendap di dasar wadah. Tetapi, jika madu menyatu dengan air, dapat dipastikan madu tersebut palsu.

Cepat Terbakar

Ciri selanjutnya yaitu cepat atau mudah terbakar. Untuk mengujian, bisa dengan mengambil batang korek api kering dan celupkan ke dalam madu.

Hasilnya, jika korek bekas celupan madu bisa terbakar ketika korek dinyalakan berarti tersebut madu asli. Tetapi, jika api tidak menyala saat korek dibakar berarti madu tersebut palsu.

Aroma Seperti Bunga

Bagi yang mempunyai indera penciuman yang kuat, mungkin dapat mendeteksi bau dari madu.

Untuk madu murni memiliki bau seperti bunga atau rerumputan. Tetapi, untuk madu palsu tidak mempunyai aroma yang mencolok.

Mengeras saat Dipanaskan

Ciri yag terakhir yaitu mengeras seperti karamel saat dipanaskan. Untuk mengujian, bisa mengambil madu dan panaskan seperti sedang merebus air.

Jika hasilnya madu berubah menjadi karamel dengan cepat dan tidak berbusa, dapat dipastikan madu tersebut asli. Tetapi, jika madu tidak berkaramel dan menjadi bergelembung (mendidih) saat dipanaskan, dapat dipastikan madu tersebut palsu.


Semoga Bermanfaat!

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar