aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

10+ Istilah-istilah dalam Pasar Saham (Abjad G-H)

10+ Istilah-istilah dalam Pasar Saham (Abjad G-H)

Pengertian saham sendiri yakni suatu kenyataan kepemilikan nilai suatu perusahaan.

Pada dunia investasi, ada berbagai istilah- sebutan yang harus dipahami investor (pihak yang membeli saham). Tidak pula dalam berinvestasi di pasar modal.

Berikut ini istilah-istilah dalam pasar saham mulai dari abjad G hingga H yang butuh dipahami.  

Abjad G

Go Public (penawaran umum saham)

Merupakan penawaran umum (saham/obligasi) yang dilakukan perusahaan efek kepada publik.

Go Private

Merupakan istilah untuk perubahan status perusahaan dari perusahaan terbuka menjadi perusahaan tertutup.

Growth Stock

Yaitu saham milik perseroan yang telah menunjukkan perolehan penghasilan yang lebih cepat dari rata-rata dalam beberapa tahun terakhir dan diharapkan akan menunjukkan tingkat pertumbuhan laba yang tinggi. 

Abjad H

Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD)

Merupakan hak yang telah melekat pada saham barangkali para pemegang saham yang ingin membeli Efek baru.

Efek yang bisa dikonversikan jadi saham serta waran, saat sebelum ditawarkan kepada Pihak lain. Hak tersebut mesti bisa dialihkan.

Halting

Merupakan penghentian sementara perdagangan atas suatu saham di Bursa Efek, karna berlangsung peningkatan/ penyusutan harga yang signifikan tanpa didukung terdapatnya data yang relevan.

Harga

Yaitu sejumlah nilai dalam mata uang rupiah yang tercipta menurut penjumlahan penawaran jual serta permintaan beli Efek yang dilakukan oleh Anggota Bursa Efek di Bursa.

Harga Dasar

Istilah untuk harga suatu saham yang dijadikan dasar buat menghitung indeks. Harga dasar bakal disesuaikan apabila berlangsung peningkatan jumlah saham yang beredar.

Harga Pembukaan

Merupakan harga yang tercipta pada saat periode Pra-pembukaan.

Harga Penutupan (closing price)

Yaitu harga yang tercipta menurut penjumlahan penawaran jual serta permintaan beli Efek yang dilakukan oleh Anggota Bursa Efek yang tercatat pada akhir jam perdagangan di Pasar Reguler.

Harga Previous

Istilah untuk Harga Penutupan pada Hari Bursa sebelumnya yang sebagai patokan pada Pra-pembukaan, ataupun pada pembukaan perdagangan.

Harga Teoritis

Adalah beberapa nilai yang dihitung menurut rasio pembagian dividen saham, saham bonus, penerbitan Hak Memesan Efek Terlebih Dulu, Waran, Stock Split, Reverse Stock, penggabungan usaha ataupun peleburan usaha Perusahaan Tercatat, serta Corporate Action yang lain yang diresmikan oleh Perusahaan Tercatat.

Hari Bursa

Merupakan hari diselenggarakannya perdagangan Efek di Bursa adalah hari Senin hingga dengan hari Jum’at, kecuali hari tersebut ialah hari libur nasional ataupun dinyatakan selaku hari libur Bursa oleh Bursa.


Semoga Bermanfaat!

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar