aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli

Akuntansi merupakan salah satu kegiatan yang wajib ada ketika menjalankan usaha sebagai upaya untuk mencatat transaksi keuangan.

Tanpa adanya pencatatan maka akan mengakibatkan sulitnya mengidentifikasi barang.

Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai pengertian akuntansi menurut para ahli.

Mari kita mulai...

1. Financial Accounting Standards Board

Pengertian akuntansi menurut FASB adalah kegiatan jasa yang mempunyai fungsi untuk menyediakan informasi kuantitatif yang digunakan untuk pengambilan keputusan.

2. Munawir

Mendefinisikan akuntansi sebagai seni mencatat, menggolongkan dan meringkas peristiwa dan kejadian yang bersifat keuangan dengan cara cepat dan petunjuk dinyatakan dengan uang, serta penafsiran yang ada karenanya.

3. Suwardjono (2015:10)

Mengartikan akuntansi sebagai suatu perangkat yang mempelajari perekayasaan penyediaan jasa berupa informasi keuangan unit organisasi dalam lingkungan negara tertentu dan pelaporan informasi tersebut kepada pihak yang berkepentingan untuk dijadikan dasar dalam pengambilan keputusan ekonomi.

4. Harrison (2011:3)

Menyebut akuntansi sebagai bahasa bisnis dan sistem informasi yang mengukur kegiatan, memproses suatu data menjadi laporan dan juga mengkomunikasikan hasilnya untuk pengambilan keputusan yang bisa membuat keputusan berdampak pada kegiatan lain.

5. Warren, dkk (2005:10)

Mengungkapkan bahwa akuntansi merupakan sistem informasi yang menghasilkan suatu laporan untuk pihak yang berwenang mengenai aktivitas ekonomi dan kondisi perusahaan.

6. Sophar Lumbantoruan

Berpendapat bahwa akuntansi adalah alat yang digunakan sebagai bahas bisnis yang mana informasi yang disampaikan hanya bisa dipahami jika sistem mekanisme akuntansi sudah dimengerti.

7. West Churman

Menyatakan bahwa akuntansi merupakan pengalaman tertulis yang digunakan untuk mengambil keputusan dan suatu pengalaman yang tersusun berharga bagi pembuat pilihan.

8. Bahri (2016)

Menurutnya akuntansi adalah seni dalam suatu transaksi yang sudah terjadi dengan cara mencatat, mengiktisar, menggolongkan dan melaporkan.

9. Paul Gradi (2017)

Definisi akuntansi adalah suatu fungsi organisasi yang secara sistematis, bisa dipercaya dan original dalam mencatat, mengklasifikasi, memproses, membuat ikhtisar, menganalisa, menginterpretasi seluruh transaksi dan kejadian serta karakter keuangan yang terjadi serta karakter keuangan yang terjadi dalam operasional suatu perusahaan sebagai tanggung jawab atas kinerja.

10. Frederich Choi dan Gerhard Mueller

Arti akuntansi merupakan proses pengidentifikasian, pengukuran dan pengkomunikasian informasi agar memungkinkan pengguna untuk membuat suatu keputusan.

11. Sumarsan (2017:1)

Mengemukakan bahwa akuntansi merupakan seni mengumpulkan, mengidentifikasi, mengklasifikasi, mencatat transaksi dan juga aktivitas yang berhubungan dengan keuangan, sehingga bisa menghasilkan suatu informasi keuangan yang bisa dipakai oleh pihak yang berwenang.

Semoga bermanfaat!
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar