aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

5 Teknik Dasar dalam Senam Akrobatik

Teknik Dasar dalam Senam Akrobatik

Senam akrobatik merupakan salah satu jenis senam yang mempunyai unsur keindahan dalam gerakannya.

Didalam senam akrobatik memiliki beberapa teknik dasar. Teknik pada kegiatan olahraga adalah tahapan yang dijadikan acuan dasar supaya gerakan dapat mudah dipraktikkan dan mendapatkan hasil yang baik dan sempurna.

Teknik dasar juga digunakan untuk memudahkan pemain dalam melakukan senam akrobatik. 

Berikut ini teknik-tenik dasar dalam senam akrobatik beserta penjelasannya.

Ayunan

Teknik ayunan dalam senam akrobatik banyak digunakan. Teknik ayunan merupakan gerakan membentuk lingkaran dengan poros yang berada di luar area statis atlet senam. 

Teknik ayunan ditentukan oleh berapa besarnya tenaga oleh penyebaran berat badan di daerah poros ayunan.

Putaran

Selanjutnya ada teknik dasar senam akrobatik yaitu putaran. Teknik putaran merupakan gerakan melingkar dengan poros internal. 

Pada senam akrobatik, gerakan putaran dibedakan berdasarkan jenis porosnya, yaitu poros transversal, longitudinal, dan medial. 

Jika gaya putaran semakin jauh dari porosnya, maka semakin lemah juga gaya putaran yang didapatkan. Teknik putaran adalah salah satu teknik dasar yang paling sering digunakan.

Pendaratan

Teknik pendaratan merupakan teknik yang dipakai untuk berhenti dari gerakan sebelumnya. Teknik pendaratan dilakukan dengan menggunakan kedua kaki, tangan, atau bagian tubuh lainnya. 

Dalam melakukan pendaratan, terdapat dua hal penting yang perlu diperhatikan. Pertama, teknik pendaratan harus dilakukan saat momentum dimana waktu diserap selama mungkin. 

Kedua, momen pendaratan harus diserap dengan menggunakan bagian tubuh yang dominan untuk digunakan pada saat pendaratan.

Statis

Selanjutnya, ada teknik statis. Teknik statis pada senam akrobatik dilakukan dengan berdiam diri agar keseimbangan tubuh tetap terjaga. 

Posisi statis dapat dilakukan dengan menggantung atau bertumpu. Pada saat melakukan teknik statis, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu:

  • Titik pusat berat tubuh dengan tumpuan harus dalam jarak dekat.
  • Tumpuhan harus Berukuran dasar cukup besar agar semakin seimbang.
  • Titik pusat tubuh wajib berada di pusat dasar tumpuan.

Tolakan

Teknik tolakan merupakan teknik yang dilakukan dengan melontarkan diri ke udara. Teknik tolakan umumnya dilakukan dengan memakai kekuatan kaki, dan dibantu dengan ayunan tangan dan tubuh ke udara. 

Setelah teknik tolakan dilakukan, kemudian akan dilanjutkan dengan teknik pendaratan. Teknik tolakan juga dikombinasikan dengan gerakan lain seperti berputar.


Semoga Bermanfaat!

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar