aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Sarana Prasarana dalam Olahraga Golf yang Perlu Diketahui

Sarana Prasarana dalam Olahraga Golf yang Perlu Diketahui

Kesiapan fisik saja tidak cukup untuk diandalkan dalam kegiatan olahraga, perlu ditopang dengan prasarana dan sarana yang memungkinkan olahraga tersebut dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Setiap cabang-cabang olahraga mempunyai prasarana dan sarana sendiri secara khusus. Demikian juga dalam cabang olahraga Golf. 

Berikut ini sarana prasarana dalam olahraga Golf beserta dengan penjelasannya.

Lapangan Golf

Lapangan merupakan sarana olahraga yang diutamakan dalam olahraga golf ini. Karena penunjang utama dalam permainan golf salah satunya adalah lapangan.

Untuk aspek ukuran, tidak ada yang dikhususkan untuk ukuran standar ataupun model yang ditetapkan untuk lapangan golf.

Meski tidak ada ketentuan ukuran, lapangan tetap harus mempunyai kriteria atau bagian yang harus dipenuhi antara lain:

  • Memiliki hole sebanyak minimal 9 dan maksimal 18. 
  • Memiliki tee box
  • Memiliki Bunker

Stick Golf

Stick golf merupakan perlengkapan terpenting dalam olahraga golf. Berguna untuk memukul dan memasukkan bola ke  hole atau lubang.

Istilah lain dari stick golf adalah club. stick golf atau club terbagi menjadi beberapa jenis, antara lain:

1. Irons, Satu set iron terdiri dari nomor 5-9 dan juga ditambah dengan pitching. Saat nomornya makin besar, maka shaft-nya lebih pendek, dan untuk hasil pukulan makin jauh memakai shaft panjang. 

2. Woods, Club atau stik jenis ini, sering disebut dengan driver. Penggunaan stick ini bertujuan untuk memperoleh hasil pukulan jarak jauh.

3. Putter, Merupakan jenis stick yang dianggap pemain sebagai ujung tombak dalam bola. Fungsi dari putter adalah sebagai pencetak poin hole saat di dalam green alias kotak penalti.

Topi

Tujuan utama topi adalah untuk melindungi kepala saat terkena sinar matahari di luar ruangan. Penggunaan topi sangat cocok untuk mendukung permainan outdor seperti golf.

Oleh karena itu, topi menjadi perlengkapan yang wajib disiapkan saat ingin berolahraga golf.

Cloves

Clover juga menjadi salah satu perlengkapan yang tak kalah penting dalam berolahraga golf.

Cloves pada olahraga golf akan membantu menstabilkan posisi tangan pada pegangan supaya lebih menggigit dan tidak goyah.

Pakaian Golf

Dalam olahraga golf pemakaian shirts juga tidak kalah penting untuk menunjang permainan. Bahan dasar shirts golf tak jauh beda dengan jersey atau pakaian olahraga lainnya. 

Namun, dalam olahraga golf tak ada peraturan khusus juga untuk mengenakan pakaian khusus golf, pemain bisa mengenakannya jika nyaman. 

Celana Golf

Berbeda dengan pakaian yang tidak memiliki bahan khusus, celana golf memiliki bahan yang berbeda.

Pemain disarankan untuk memakai celana khusus untuk golf, karena memiliki bahan celana golf lebih sintetis, hangat digunakan dan ada tempat penyimpan tee.

Sepatu dan Kaos Kaki Golf

Sepatu dalam olahraga golf terbilang mahal untuk dibeli. Namun, kualitas yang didapat memang sebanding dan telah dibuktikan dapat untuk dikenakan secara jangka panjang. 

Tak hanya sepatu, kaos kaki juga diperlukan untuk menunjang permainan. Sama halnya dengan sepatu, kaos kaki golf memiliki harga yang mahal dan tentunya berkualitas baik.


Semoga Bermanfaat!

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar