aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Husnuzan: Pengertian, Dalil, Contoh, Hikmah



Salah satu perilaku terpuji adalah berprasangka baik. Sikap ini merupakan tindakan yang semestinya bisa dilakukan oleh semua orang.

Pada artikel kali ini akan membahas mengenai husnuzan secara lengkap dan juga mudah dipahami.

Mari kita mulai...

Pengertian Husnuzan

Husnuzan adalah prasangka baik yang timbul dari hati manusia ketika menyikapi suatu hal.

Pengertian husnuzan menurut istilah adalah berpikiran positif terhadap sesuatu atau berprasangka baik. Sedangkan, pengertian husnuzan menurut bahasa berasal dari kata Husn yang mempunyai arti baik dan Az-Zan yang memiliki arti prasangka.

Dalil Husnuzan

Al-Qur'an

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱجْتَنِبُوا۟ كَثِيرًا مِّنَ ٱلظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ ٱلظَّنِّ إِثْمٌ ۖ وَلَا تَجَسَّسُوا۟ وَلَا يَغْتَب بَّعْضُكُم بَعْضًا ۚ أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ أَن يَأْكُلَ لَحْمَ أَخِيهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوهُ ۚ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ تَوَّابٌ رَّحِيمٌ

Arab Latin: Yā ayyuhallażīna āmanujtanibụ kaṡīram minaẓ-ẓanni inna ba'ḍaẓ-ẓanni iṡmuw wa lā tajassasụ wa lā yagtab ba'ḍukum ba'ḍā, a yuḥibbu aḥadukum ay ya`kula laḥma akhīhi maitan fa karihtumụh, wattaqullāh, innallāha tawwābur raḥīm

Terjemahan: Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang. (Q.S. Al-Hujurat Ayat 12)


Hadits

حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ يَحْيَى قَالَ قَرَأْتُ عَلَى مَالِكٍ عَنْ أَبِي الزِّنَادِ عَنْ الْأَعْرَجِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِيَّاكُمْ وَالظَّنَّ فَإِنَّ الظَّنَّ أَكْذَبُ الْحَدِيثِ وَلَا تَحَسَّسُوا وَلَا تَجَسَّسُوا وَلَا تَنَافَسُوا وَلَا تَحَاسَدُوا وَلَا تَبَاغَضُوا وَلَا تَدَابَرُوا وَكُونُوا عِبَادَ اللَّهِ إِخْوَانًا

Terjemahan: Telah menceritakan kepada kami Yahya bin Yahya dia berkata; Aku membaca kitab Malik dari Abu Az Ziyad dari Al A'raj dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Jauhilah berprasangka buruk, karena prasangka buruk adalah ucapan yang paling dusta. Janganlah mencari-cari isu; janganlah mencari-cari kesalahan; janganlah saling bersaing; janganlah saling mendengki; janganlah saling memarahi; dan janganlah saling membelakangi (memusuhi)! Tetapi, jadilah kalian hamba-hamba Allah yang bersaudara." (H.R. Muslim No. 4646)

Contoh Husnuzan

Contoh husnuzan dalam kehidupan sehari-hari sangat banyak dan beragam. Mulai dari husnuzan kepada Allah, husnuzan kepada diri sendiri dan juga husnuzan kepada sesama manusia.

Berikut adalah beberap contoh perilaku husnuzan.

Contoh Perilaku Husnuzan Kepada Allah

1. Percaya kepada Allah bahwa setiap ujian yang didapat akan menaikkan derajat kita.
2. Senantiasa berusaha dan bekerja keras dan percaya bahwa tidak usaha yang sia-sia, Allah pasti akan memberikan jalan yang terbaik.

Contoh Husnuzan Kepada Diri Sendiri

1. Yakin bahwa kita tidak kalah dengan orang lain dan menganggap diri kita mempunyai kelebihan untuk bisa terus maju.
2. Selalu optimis pada diri sendiri dalam menjalankan pekerjaan.

Contoh Husnuzan Kepada Sesama Manusia

1. Tidak menuduh riya' seseroang ketika ada orang yang bersedekah dan di upload ke media sosial.
2. Tidak menuduh guru memberikan nilai yang tidak adil ketika ulangan.

Hikmah Husnuzan

Penerapan huznuzan dalam kehidupan akan membawa manfaat yang baik untuk diri sendiri maupun lingkungan sekitar. Jika dilakukan dengan baik, husnuzan akan mendatangkan hikmah-hikmah untuk kehidupan.

Berikut adalah hikmah dari husnuzan:
1. Selalu optimis terhadap sesuatu
2. Tidak mudah menuduh orang sembarangan
3. Dicintai sesama manusia karena merupakan sikap yang baik
4. Mendatangkan kebahagian untuk diri sendiri
5. Melatih jiwa untuk kuat dan sabar

Kesimpulan

  • Husnuzan merupakan prasangka baik
  • Terdapat 2 dalil yaitu dari Q.S Al-Hujurat ayat 12 dan H.R Muslim No. 4646
  • Terdapar beberapa contoh perilaku husnuzan kepada Allah, kepada diri sendiri dan kepada sesama.
  • Husnuzan membawa hikmah yang baik bagi manusia.


Referensi:
https://tafsirweb.com/9782-quran-surat-al-hujurat-ayat-12.html
https://www.hadits.id/hadits/muslim/4646
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar