aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Isi Kandungan Surat Al-Hujurat Ayat 12

 

Kandungan Surat Al Hujurat, Isi Kandungan Surat Al Hujurat Ayat 12


Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai isi kandungan pada surat Al Hujurat ayat 12.

Mari kita mulai...

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱجْتَنِبُوا۟ كَثِيرًا مِّنَ ٱلظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ ٱلظَّنِّ إِثْمٌ ۖ وَلَا تَجَسَّسُوا۟ وَلَا يَغْتَب بَّعْضُكُم بَعْضًا ۚ أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ أَن يَأْكُلَ لَحْمَ أَخِيهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوهُ ۚ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ تَوَّابٌ رَّحِيمٌ

Arti: Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.

Isi Kandungan Surat Al-Hujurat Ayat 12

1. Jangan berburuk sangka, rasa curiga adalah bentuk prasangka buruk kita terhadap suatu hal yang belum tentu terjadi atau kita belum mengetahui kebenarannya. Prasangka merupakan perbuatan dosa.

2. Jangan mencari keburukan orang lain, kepo terhadap terhadap suatu hal yang baik sangat diperbolehkan, tetapi kepo terhadap keburukan orang lain demi mendapatkan kepuasan diri sendiri adalah perbuatan yang tidak terpuji dan dilarang oleh agama Islam.

3. Jangan ghibah, membicarakan orang lain yang mana orang lain tersebut tidak suka jika mendengarnya adalah perbuatan terlarang. Saking terlarangnya, dalam ayat ini dijelaskan seperti memakan bangkai saudaranya yang sudah mati.

4. Allah Maha Penerima Taubat dan Maha Penyayang, kamu boleh melakukan banyak dosa, tetapi jika kamu segera bertaubat, Allah akan mengampuni dosa-dosa terdahulu.

Semoga bermanfaat!


Sumber ayat: 

https://tafsirweb.com/9782-quran-surat-al-hujurat-ayat-12.html

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar