aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Cara Menghemat Air Paling Efektif yang Bisa Kamu Lakukan

Cara Menghemat Air, Menghemat Air

Air adalah zat sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia. Jika tidak air kemungkinan manusia untuk hidup hampir tidak mungkin.

Hampir disetiap aktivitas kita pasti membutuhkan air. Mulai dari mandi, memasak sampai mencuci motor semuanya membutuhkan air. Oleh karena itu, agar kebutuhan air bersih tetap ada, kita harus berhemat dalam pemakaian air.

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai cara untuk mengemat air.

Mari kita mulai...

Berikut adalah cara yang bisa digunakan untuk menghemat air.

Cara Menghemat Air

  1. Mematikan Keran Ketika Tidak Digunakan
  2. Jangan Mandi Terlalu Lama
  3. Memperbaiki Kebocoran Pipa Air
  4. Simpan Air Hujan
  5. Gunakan Air Kembali
Pembahasan seperti dibawah ini.

Mematikan Keran Ketika Tidak Digunakan

Hal umum yang sering dilakukan oleh masyarakat adalah tidak mematikan keran air ketika sudah selesai digunakan dan membiarkannya begitu saja. Dalam kasus lain, seringkali seseorang tersebut lupa mematikan keran air dan membuatnya jadi mengalir terus menerus dan terbuang sia-sia.

Salah satu cara menghemat air dengan bijak adalah dengan mematikan keran air. Membukanya ketika dibutuhkan menjadi cara yang baik untuk dilakukan.

Jangan Mandi Terlalu Lama

Mandi pastinya menjadi kebutuhan yang wajib dilakukan oleh kita yang tinggal di iklim tropis seperti Indonesia ini. Karena cuacanya relatif panas dan membuat tubuh menjadi gerah.

Namun, kebiasaan mandi terlalu lama adalah kebiasaan boros air. Terkadang malah kita bermain-main dengan air ketika mandi.

Usahakan untuk selalu mandi secukupnya, tidak terlalu lama agar tidak boros air. Tidak juga terlalu cepat supaya mandi kita tetap bersih. Karena penting juga bagi kita untuk menjaga kesehatan tubuh.

Memperbaiki Kebocoran Pipa Air

Pipa air adalah benda yang mempunyai peran sangat penting dalam menghubungkan air dari satu tempat ke tempat yang lain. Tanpa adanya pipa air, kita menjadi kesulitan dalam menjangkau air.

Untuk itu, perlu adanya pipa air agar aktivitas sehari-hari yang berhubungan dengan penggunaan air bisa mudah dilakukan.

Namun, terkadang pipa yang kita gunakan bocor atau patah. Entah disebabkan oleh umur yang sudah tua atau tidak sengaja di tendang. Hal tersebut bisa berakibat pada kebocoran.

Kebocoran yang terus dibiarkan akan membuang air secara sia-sia. Lakukan perbaikan pada pipa air yang bocor agar selalu hemat dalam menggunakan air.

Simpan Air Hujan

Indonesia sebagai negara yang mempunyai musim hujan sebenarnya sangat diuntungkan. Kita bisa menampung air hujan untuk kebutuhan seperti mencuci motor dan menyiram tanaman.

Caranya pun cukup mudah, kamu hanya perlu ember atau wadah lain yang bisa menampung air hujan.

Nah, ketika hujan datang wadah tersebut dapat terisi dan bisa digunakan.

Gunakan Air Kembali

Cara menghemat air dalam kehidupan sehari-hari sangat penting dilakukan agar di masa depan kita tidak kesulitan mendapatkan air bersih. Air bersih menjadi kebutuhan yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia.

Menggunakan kembali air bisa menjadi alternatif dalam menghemat air. Dalam hal ini tidak menjadikan air kotor menjadi air bersih yaa.

Namun, menggunakan kembali air untuk kebutuhan yang bukan konsumsi. Misalnya air cucian baju yang bisa digunakan untuk menyiram toilet atau bisa juga air cucian sayur dan buah-buahan untuk menyiram tanaman.

Kesimpulan

Air menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Pemakaian air bersih jika tidak di kontrol akan membuat ekosistem air menjadi tidak sehat.

Untuk itu perlu adanya upaya penghematan terhadap air mulai dari diri sendiri, lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan juga lingkungan masyarakat.

Semoga bermanfaat!
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar