aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

3 Perbedaan Blockchain dan Cryptocurrency yang Wajib Kamu Ketahui

Perbedaan Blockchain dan Cryptocurrency

Teknologi saat ini terus berkembang dan mungkin saja tidak pernah terpikirkan oleh manusia sebelumnya. Perkembangan teknologi ini salah satunya adalah dalam hal blockchain dan cryptocurrency.

Blockchain dan cryptocurrency belakangan ini sering dibicarakan oleh semua orang dari berbagai kalangan. Ada yang sudah paham, ada juga yang salah mengartikan.

Terdapat perbedaan blockchain dan cryptocurrency yang tidak semua orang mengetahuinya. Itulah salah satu alasan artikel ini dibuat.

Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai perbedaan antara blockchain dan cryptocurrency.

Mari kita mulai...

Pengertian

Blockchain

Blockchain merupakan suatu database atau basis data yang menyimpan segala informasi dalam pertukaran data termasuk mata uang digital sampai surat sertifikat kepemilikan tanah.

Cryptocurrency

Cryptocurrency adalah implementasi dari teknologi blockchain dalam bentuk mata uang digital. Semua proses transaksi mata uang digital ini tersimpan dalam blockchain.

Tujuan

Blockchain

Teknologi blockchain mempunyai tujuan untuk menciptakan lingkungan yang aman dalam transaksi peer-to-peer sekaligus menekan biaya transaksi.

Cryptocurrency

Sementara itu, tujuan cryptocurrency adalah untuk meningkatkan kecepatan transaksi keuangan tanpa perantara siapapun sekaligus menyederhanakan proses.

Cakupan Pembahasan

Blockchain

Pembahasan pada blockchain sangat luas dan akan senantiasa berkembang.

Cryptocurrency

Pembahasan pada cryptocurrency sangat terbatas, hanya mencakup pertukaran mata uang digital.

Kesimpulan

  • Blockchain merupakan suatu teknologi yang menyimpan segala informasi, sedangkan cryptocurrency adalah salah satu implementasi dari blockchain.
  • Blockchain bertujuan untuk meningkatkan kemajuan dalam hal transaksi secara umum, sedangkan cryptocurrency mempunyai tujuan khusus dalam hal mata uang digital
  • Blockchain mencakup pembahasan yang luas, sedangkan cryptocurrency hanya dalam lingkup mata uang digital.
Semoga bermanfaat!


Referensi:
http://repository.uib.ac.id/1458/5/s-1551093-chapter2.pdf
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar