aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

18 Pengertian Hipotesis Menurut Para Ahli

Hipotesis, Pengertian Hipotesis Menurut Para Ahli

Dalam sebuah penelitian terhadap suatu komponen yang dinamakan hipotesis. Hipotesis ini menjadi suatu yang cukup penting karena bisa menjadi pondasi awal dalam sebuah penelitian dalam mencari data dan fakta.

Hipotesis secara sederhana merupakan dugaan sementara.

Artinya sebuah kesimpulan yang diambil oleh peneliti sebelum mendapatkan dan mengolah data.

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai pengertian hipotesis menurut para ahli.

Mari kita mulai...

1. Sugiyono

Pengertian hipotesis menurut Sugiyono adalah jawaban sementara terhadap rumusan masalah penelitian, dimana rumusan masalah tersebut dinyatakan dalam bentuk kalimat pernyataan.

2. Prof. Dr. S. Nasution

Hipotesis merupakan dugaan mengenai apa yang diamati dalam rangka upaya untuk memahaminya.

3. Dantes

Arti hipotesis adalah asumsi yang harus diuji melalui data yang diperoleh dalam penelitian

4. Erwan Agus Purwanto dan Dyah Ratih Sulistyastuti

Menjelaskan bahwa hipotesis adalah penyataan sementara terhadap masalah penelitian yang masih lemah kebenarannya sehingga harus diuji secara empiris.

5. Zikmund

Definisi hipotesis adalah dugaan sementara yang menjelaskan suatu fenomena dan kemungkinan jawaban atas pertanyaan penelitian.

6. Nanang Martono

Menurutnya hipotesis adalah jawaban sementara yang kebenarannya harus diuji secara teoritis yang diperoleh melalui tinjauan pustaka.

7. James E. Greighton

Menyatakan bahwa hipotesis adalah dukungan sementara yang memprediksi situasi yang akan diamati. 

8. Suharsimi Arikunto

Mendefinisikan hipotesis sebagai jawaban yang masih bersifat sementara pada sebuah penelitian sampai terbukti melalui data yang terkumpul.

9. Fraenkel Wallen - 1990:40 (dalam Yatim Riyanto - 1996:13)

Mengartikan hipotesis sebagai suatu prediksi terhadap kemungkinan hasil dalam penelitian. Hipotesis ini tidak sepenuhnya benar. Benar tidaknya suatu hipotesis tergantung dari hasil uji hipotesis.

10. Margono

Pengertian hipotesis adalah kesimpulan atau pendapat yang bersifat sementara. Karena hipotesis dianggap sebagai kemungkinan jawaban dari penelitian.

11. Mundilarso

Mengungkapkan bahwa hipotesis adalah penyataan yang tingkat kebenarannya masih lemah yang masih harus diuji kebenerannya dengan teknik tertentu.

12. Muri Yusuf

Menerangkan bahwa hipotesis merupakan suatu kesimpulan sementara yang menyatakan hubungan antara 2 variabel atau lebih. Kebenaran dari kesimpulan sementara tersebut harus dibuktikan dengan penelitian ilmiah.

13. Good & Scate (1954)

Hipotesis adalah taksiran yang dirumuskan dan diterima untuk sementara serta bisa menerangkan fakta yang diamati dan bisa digunakan untuk mendapatkan petunjuk sebagai langkah selanjutnya.

14. Kerlinger

Berpendapat bahwa hipotesis adalah dugaan sementara terhadap hubungan antara dua variabel atau lebih.

15. Sudjana

Hipotesis adalah dugaan atau asumsi mengenai hal yang dibuat untuk menjelaskan suatu penelitian, hal tersebut sering dibuat untuk melakukan pengecekan.

16. Suryabrata

Arti hipotesis adalah deduksi dari teori ilmiah dan kesimpulan sementara sebagai hasil observasi dalam rangka menghasilkan sebuah teori baru.

17. Bruce W, Tuckman (1972:75)

Menjelaskan bahwa hipotesis merupakan ekspektasi berdasarkan generalisasi dari suatu hubungan yang diasumsikan antara variabel.

18. Trealese

Definisi hipotesis adalah suatu keterangan sementara terhadap suatu fakta yang sedang diamati.

Semoga bermanfaat!
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar