aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Manfaat Blog Sebagai Media Pembelajaran

Manfaat Blog Sebagai Media Pembelajaran

Adanya perkembangan zaman, juga diikuti oleh adanya perkembangan teknologi. Teknologi saat ini sangat berkembang pesat, salah satunya teknologi internet.

Dengan adanya tenologi internet dapat membuka wawasan bahwa informasi yang dibutuhkan dapat dengan mudah dan cepat untuk didapat.

Melalui internet kita dapat mengakses berbagai media yang tersebar di dunia maya. Media didefinisakan sebagai perantara pada sesuatu yang dapat menghubungkan informasi antara sumber dan penerima informasi.

Ada berbagai jenis macam media yang tersebar saat ini. Salah satunya yang akan kita bahas saat ini adalah media pembelajaran yaitu media blog.

Apa sih blog itu? 

Menurut Wikipedia, blog merupakan bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (sebagai postingan) pada sebuah halaman web. 

Aktivitas dalam mengarang blog, memelihara sebuah blog atau menambahkan artikel ke blog yang sudah ada disebut blogging. Sedangkan, orang yang menulis atau memasukkan dan memelihara tulisan di blog disebut blogger.

Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, dengan pemilik yaitu Pyra Labs. Kemudian pada akhir tahun 2003, akhirnya diakuisisi oleh Google.

Sejak itu lah, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.

Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, antara lain sebagai catatan harian, media publikasi, sampai program-program media dan perusahaan-perusahaan.

Dalam membangun blog, ada 2 faktor penentu untuk menarik para viewer atau pembaca. Faktor tersebut yaitu konten dan template.

Kedua faktor tersebut saling bergantungan. Jika ada konten yang menarik namun tampilan template tidak mendukung, sama saja tidak akan menarik, begitu pula sebaliknya.

Untuk mendapatkan template yang baik, kalian bisa mencari atau membeli dengan orang yang sudah berpengalaman dalam bidangnya. Salah satu tempat pembelian template terbaik yaitu mas sugeng.

Manfaat Media Blog dalam Pendidikan

Dalam pendidikan media blog merupakan media yang sangat mendukung untuk proses belajar mengajar antara guru dan murid. 

Apa sih manfaatnya media blog dalam pendidikan? Berikut ini manfaat media blog dalam bidang pendidikan.

Media Interaktif

Media blog dapat dijadikan sebagai media belajar interaktif. Contohnya guru di sekolah dapat membuat blog yang isinya menyangkut mata pelajaran yang di ampu. 

Kemudian, didalam blog tersebut siswa dapat membaca dan mengisi komen postingan materi tersebut dengan pertanyaan. Sehingga dapat terjadi komunikasi antara guru dengan siswa.

Menyimpan Materi Pelajaran

Didalam blog, guru dapat menyusun dan meresume materi pelajaran. Hal tersebut dapat mempercepat pengajaran dikarenakan siswa tidak perlu mencatat lagi di papan tulis. Sehingga, siswa dapat mengakses materi guru dengan mudah, tanpa dibatasi oleh waktu dan tempat.

Penggunaan blog sebagai media penyimpanan sangat usabilitas (mudah digunakan) dan maintanabel (mudah dikelola dan dirawat).

Media Kritik dan Saran

Blog terdapat fitur yang dapat mewadahi komentar dari pembaca. Oleh karena itu blog dapat menjadi media untuk mengungkapkan saran dan kritikan siswa tentang sistem pengajaran yang ada di sekolah. 

Dengan begitu, pihak sekolah dan guru dapat meningkatkan kinerja mereka sesuai yang diharapkan para peserta didik.

Media Menulis

Blog dapat berfungsi sebagai media belajar menulis. Adanya blog, guru dapat mengasah kemampuannya dalam membuat sebuah karya ilmiah atau karya tulis.  

Blog juga dapat menjadi sarana yang cepat dan mudah sebagai media penyebaran hasil-hasil penelitian, penataran, penelitian, workshop dan berbagai macam karya tulisan.

Media Memperoleh Informasi

Guru dapat memperoleh informasi melalui proses pencarian dengan begitu akan menambah wawasan guru tentang dunianya dan dunia ilmu pengetahuan

Guru juga dapat memperoleh informasi melalui buku, koran, majalah tapi kita hanya berperan sebagai pembaca pasif. Dengan menggunakan blog dapat langsung memberi komentar dan informasi yang didapatkan semakin luas dengan saling sharing jawaban dan memberi link sesama pengguna lain.

Sarana Berdiskusi

Blog juga menjadi media sebagai sarana berdiskusi antar guru dengan siswa atau guru dengan guru. Kemudian, dapat berbagi pengetahuan dengan pengguna blog yang lain, sehingga membuka wawasan berfikir.

Media Kreativitas

Guru dan siswa dapat menghias blog sesuai dengan keinginan, misalnya mengganti template ataupun menerbitkan konten sesuai kreatifitas yang dimiliki.


Semoga Bermanfaat!

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar