aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

6 Dampak dari Peradaban Mesir Kuno bagi Dunia

6 Dampak dari Peradaban Mesir Kuno bagi Dunia

Mesir Kuno merupakan peristiwa peradaban kuno di sebelah timur laut benua Afrika, berpusat di daerah hilir sungai Nil, tepatnya di kawasan yang kini menjadi wilayah negara Mesir.

Adanya Peradaban Mesir Kuno, menimbulkan dampak-dampak yang mempengaruhi perkembangangan di seluruh dunia.

Berikut ini dampak-dampak yang ditimbulkan akibat adanya Peradaban Mesir Kuno.


Sistem Kalender

Awal mulanya, masyarakat Mesir Kuno hanya membuat kalender bulan berdasarkan siklus atau peredaran bulan selama 291/2 hari. 

Karena perhitungan berdasarkan peredaran bulan dianggap kurang tepat. Akhirnya, mereka menetapkan kalender berdasarkan kemunculan bintang anjing (Sirius) yang terlihat setiap tahun. 

Hasil hitungan mereka adalah satu tahun adalah 12 bulan, satu bulan 30 hari dan lamanya setahun adalah 365 hari yaitu 12 x 30 hari lalu ditambahkan 5 hari. 

Masyarakat Mesir Kuno juga mengenal tahun kabisat. Penghitungan Kalender warga Mesir Kuno sama dengan kalender yang kita gunakan sekarang yang disebut Tahun Syamsiah (sistem Solar).

Ilmu Astrologi dan Astronomi

Masyarakat Mesir Kuno juga mempelajari tentang bintang dan benda langit. Dampaknya juga hingga saat ini masih digunakan ilmunya di seluruh dunia.

Sistem Irigasi

Dari sistem irigasi yang digunakan Mesir ini lah yang membuat Mesir kaya akan hasil pertanian. 

Dampaknya sampai sekarang juga digunakan pada sistem pertanian pertanian modern di seluruh dunia.

Pohon Lontar atau Papirus 

Pohon lontar atau papirus merupakan bahan kertas yang dibuat dari tanaman. Setelah membuat bahan kertas, kemudian warga Mesir menciptakan tinta yang sekarang juga digunakan oleh masyarakat modern di seluruh dunia.

Bidang Matematika

Bidang Matematika di Mesir Kuno memiliki pemahaman prinsip-prinsip yang mendasari teorema Pythagoras, contohnya segitiga terdapat sudut tepat di seberang miring ketika sisi-sisinya berada dalam rasio 3-4-5. 

Masyarakat Mesir Kuno mampu memperkirakan luas sebuah lingkaran dengan mengurangkan satu sampai sembilan dari diameter dan mengkuadratkan hasilnya.

Berikut ini rumusnya: Luas ≈ [(8 / 9) D] 2 = (256 / 81) r 2 ≈ 3,16 r 2, 

Rumus itulah yang hingga sekarang masih digunakan oleh masyrakat modern di seluruh dunia.

Bidang Kedokteran

Mesir Kuno merupakan yang pertama mengambil spesialisasi dalam bidang kedokteran. Dokter memiliki spesialis khusus pada hewan, mata dan bedah. 

Mesir Kuno juga pelopor pertama untuk menggunakan kompres, splints, dan perban.


Semoga Bermanfaat!

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar