aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Peradaban Awal Asia: Peradaban Mesopotamia

Peradaban Awal Asia salah satunya yaitu Peradaban Mesopotamia

Peradaban awal Asia berkembang sejak tahun 5000 sebelum Masehi. Salah satu peradaban awal asia yaitu peradaban Mesopotamia.

Berikut ini penjelasan mengenai peradaban Mesopotamia yang terjadi di kawasan benua Asia.


Latar Belakang

Peradaban Mesopotamia berkembang sejak tahun 5000 sebelum Masehi. 

Istilah Mesopotamia berasal dari dua kata yaitu mesos (tengah) dan patamos (sungai). Dapat diartikan peradaban Mesopotamia merupakan wilayah yang terletak di antara dua sungai. Kedua sungai tersebut yaitu antara Sungai Eufrat dan Sungai Tigris.

Mesopotamia merupakan wilayah yang subur. Wilayah ini menjadi perebutan berbagai bangsa. Beberapa bangsa yang pernah berkuasa di Mesopotamia antara lain :

  • bangsa Sumeria (3800-2900 SM)
  • bangsa Akkadia (2900-2250 SM)
  • bangsa Babylonia (1850-1600 SM)
  • bangsa Assyiria (1300-612 SM)
  • bangsa Khaldea (612-500 SM)
  • bangsa Persia (500-326 SM)

Kepercayaan 

Adapun Kepercayaan masyarakat peradaban Mesopotamia bersifat politheisme (menyembah banyak dewa). Tiga dewa utama yang disembah yaitu : 

  • Dewa Anu (Dewa langit)
  • Dewa Enlil (Dewa bumi)
  • Dewa Ea (Dewa air)

Sementara itu, dewa tertinggi adalah Dewa Marduk.

Peradaban

Masyarakat Mesopotamia menciptakan sistem tulisan dengan bentuk paku yang disebut kuneiform. Huruf paku bangsa Mesopotamia ditulis pada lempengan-lempengan tanah liat.

Selain itu, peradaban Mesopotamia menciptakan sistem kalender yang diperkenalkan oleh bangsa Sumeria. Bangsa Sumeria menciptakan kalender untuk mendukung kepentingan pertanian berdasarkan peredaran bulan dan matahari.

Selanjutnya, sistem kalender tersebut disempurnakan oleh Bangsa Khaldea. Sistem kalender bangsa Khaldea membagi satu hari menjadi 24 jam, satu minggu terdiri atas tujuh hari, satu bulan bulan terdiri atas 30 hari, dan satu tahun terdiri atas 12 bulan atau sama dengan 354 hari.

Peradaban Mesopotamia merupakan peradaban dengan Ilmu pengetahuan yang maju. Bangsa Mesopotamia dikenal sebagai penemu hitungan seksagesimal (dasar hitungan per enam puluhan).

Atas dasar hitungan ini, mereka membagi waktu 1 menit = 60 detik, 1 jam = 60 menit, dan 1 jam =3.600 detik.

Mereka juga menciptakan rumusan mengenai besar satu lingkaran sama dengan 360 derajat. 

Melalui perhitungan seksagesimal, peradaban Mesopotamia mampu menciptakan teknologi roda berbentuk lingkaran yang kemudian dipasang pada gerobak.


Semoga Bermanfaat!

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar