aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

21 Pengertian Agama Menurut Para Ahli

Pengertian Agama, Pengertian Agama Menurut Para Ahli


Banyak ahli yang menyatakan bahwa agama berasal dari bahasa Sansakerta, yaitu a dan gama.

A mempunyai arti tidak dan gama berarti kacau. Sehingga agama didefinisikan sebagai tidak kacau atau teratur.

Dalam hal ini agama bisa diartikan sebagai peraturan, yakni peraturan yang mengatur keadaan manusia, ataupun mengenai sesuatu yang gaib, tentang budi pekerti dan pergaulan hidup bersama.

Pada artikel kali ini akan membahas mengenai pengertian agama menurut beberapa ahli.

Mari kita mulai...

1. Emile Durkhiem

Pengertian agama menurut Emile Durkhiem adalah sistem terpadu yang terdiri atas kepercayaan dan praktik yang berhubungan dengan hal suci.

2. Koentjaraningrat

Mengungkapkan bahwa agama adalah rasa percaya manusia agar bisa nyaman ketika menjalani kehidupan, mencakup kenyamanan jasmani dan juga rohani.

3. Pitirim A. Sorokin

Menjelaskan bahwa agama merupakan seperangkat nilai yang dinyatakan dalam wujud kepercayaan dan ritual. Hal tersebut diasosiasikan oleh tindakan yang sesuai dengan norma agama yang menyatukan anggota dalam kelompok agama.

4. Hadikusuma

Menurutnya agama adalah ajaran yang diturunkan oleh Tuhan sebagai petunjuk bagi umat dalam menjalani kehidupan.

5. Elizabeth K. Nottingham

Memaparkan bahwa agama merupakan gejala yang sering "terdapat dimana-mana", dan agama berhubungan dengan usaha manusia untuk mengukur dalamnya makna dari keberadaan diri sendiri dan keberadaan alam semesta.

6. Anthony F. C. Wallace

Mengartikan agama sebagai seperangkat upacara yang diberi rasionalisasi melalui mitos dan juga menggerakkan kekuatan supranatural dengan untuk mencapai terjadinya perubahan pada manusia dan juga semestra.

7. Nasution

Mendefinisikan agama sebagai ikatan yang harus dipegang dan dipatuhi oleh manusia.

8. Tajdab, dkk.

Mengemukakan bahwa agama merupakan suatu kepercayaan yang mendatangkan kehidupan yang teratur dan tidak kacau serta mendatangkan kesejahteraan dan keselamatan hidup manusia.

9. Max Muller

Pengertian agama yaitu keadaan mental atau kondisi pikiran yang bebas dari nalar pertimbangan sehingga menjadikan manusia bisa memahami Tuhan melalui berbagai nama dan juga perwujudan.

10. Parsons dan Bellah

Definisi agama merupakan tingkat yang paling tinggi dan umum dari budaya manusia.

11. Michel Meyer

Arti agama adalah kepercayaan dan pengajaran yang mengarahkan pada tingkah laku terhadap Allah, terhadap sesama manusia dan terhadap diri sendiri.

12. A. M. Saefuddin

Berpendapat bahwa agama merupakan suatu kebutuhan manusia paling esensial yang bersifat universal. Oleh karena itu, agama dianggap sebagai kesadaran spiritual yang di dalamnya ada satu kenyataan diluar kenyataan yang terlihat.

13. Luckmann

Menyatakan bahwa agama merupakan kemampuan manusia untuk mengangkat alam biologis melalui pembentukan alam makna yang objektif, mempunyai ikatan moral dan serba meliputi.

14. Edward Burnett Tylor

Mengungkapkan bahwa agama adalah suatu kepercayaan makhluk gaib dan menyatakan bahwa keyakinan ini berasal sebagai penjelasan kepada dunia. Rasa percaya kepada makhluk gaib tumbuh dari upaya untuk menjelaskan kehidupan kematian.

15. Prof. Dr. M. Krikarya

Menjelaskan bahwa agama merupakan keyakinan tentang adanya kekuatan supranatural yang mengatur dan menciptakan alam seisinya.

16. Moenawar Chalil

Menurutnya agama merupakan perlibatan tingkah laku manusia kaitannya dengan kekuatan supranatural tersebut sebagai konsekuensi atas pengakuan.

17. Hendro Puspito

Memaparkan bahwa agama merupakan sistem nilai yang mengatur hubungan manusia dan alam semesta yang berkaitan dengan sebuah keyakinan.

18. Jappy Pellokild

Mengartikan bahwa agama merupakan suatu kepercayaan terhadap adanya Tuhan da hukum-hukumnya.

19. Sultan Takdir Alisyahbana

Mendefinisikan agama sebagai sistem kelakuan dan perhubungan manusia yang pokok pada perhubungan manusia dengan rahasia kekuasaan dan ke gaiban yang tiada luasnya, dan dengan demikian memberi arti kepada hidupnya dan kepada alam semesta yang mengelilinginya.

20. Sidi Gazalba

Mengemukakan bahwa agama adalah kecenderungan rohani manusia yang berkaitan dengan alam semesta, nilai yang meliputi segalanya, makna yang terakhir, hakikat dari semuanya itu.

21. Kamus Besar Bahasa Indonesia

Agama adalah ajaran, sistem yang mengatur tata keimanan (kepercayaan) dan peribadatan kepada Tuhan Yang Mahakuasa serta tata kaidah yang berhubungan dengan pergaulan manusia dan manusia serta lingkungannya.

Semoga bermanfaat!
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar