aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Teknik Dasar dalam Olahraga Panjat Tebing

Teknik Dasar dalam Olahraga Panjat Tebing

Teknik merupupakan sebuah serangkaian cara yang dijadikan pedoman agar gerakan lebih mudah dipraktikkan dan mendapatkan hasil yang sempurna.

Pada cabang-cabang olahraga pasti memiliki teknik yang dimulai dari tahapan paling mendasar. Seperti halnya dalam olahraga Panjat Tebing.

Berikut ini teknik-tenik dasar dalam olahraga Panjat Tebing beserta penjelasannya.


Teknik Pegangan

Teknik pegangan merupakan salah satu teknik paling dasar pada olahraga panjat tebing. Teknik pegangan dibagi menjadi enam jenis, yaitu:

  • Pinch grip : merupakan teknik yang dipakai untuk memegang tonjolan pada tebing dengan bentuk seperti mencubit.
  • Cling grip I : merupakan teknik open akan tetapi gerakan ini lebih kecil dan mirip dengan pinch grip.
  • Cling grip II : merupakan teknik yang sama dengan pada teknik cling grip namun dapat digunakan untuk menahan kekuatan tangan.
  • Open grip : merupakan teknik pegangan yang mengandalkan tonjolan tebing yang berbentuk datar dan lebar.
  • Vertikal grip : merupakan teknik pegangan yang berbentuk vertikal sehingga bertumpu pada berat tubuh.


Teknik Free Climbing

Teknik Free Climbing merupakan teknik yang di dasari bersama kekuatan tubuh yang cocok dengan namanya terhadap alat pengaman yang paling baik dan dapat melindungi keselamatan diri.

Dengan begitu teknik ini memanfaatkan adanya keterampilan yang diperoleh berasal dari latihan baik dan benar agar dapat mengikuti prosedur didalam permainan. 


Teknik Pijakan

Teknik pijakan dalam olahraga panjat tebing dibagi menjadi enam jenis, yaitu:

  • Heel hooking : yaitu teknik yang digunakan untuk pijakan dengan menekankan pada tubuh sehingga kaki akan dapat menggantikan peran tangan.
  • Edging : yaitu teknik luar dari kaki atau sepatu dimana dengan penggunaan edging sebelah kiri.
  • Friction step : yaitu teknik yang di gunakan pada permukaan dinding pada bagian bawah dan mengandalkan pada karet yang ada.
  • Smearing : yaitu teknik berdiri pada pijakan tebing.


Teknik Lay Back

Teknik lay back yaitu teknik dengan memanjat di celah vertikal menggunakan tangan hingga kaki dan dapat juga di perlukan pada bagian tepi celah.

Akan tetapi, teknik ini untuk menempatkan kedua kaki pada tepi celah yang berlawanan pada tebing sehingga tangan menarik ke arah belakang dengan benar dan kaki mendorong ke depan dengan berlawanan.


Teknik Fissure Climbing

Teknik fissure climbing dapat dipergunakan oleh anggota badan yang akan melakukan pijakan. Teknik fissure climbing memiliki beberapa jenis yaitu:

  • Jamming : merupakan teknik dengan memanjat dan menggunakan celah yang tidak besar sehingga jari tangan akan dapat dimasukkan celah tebing.
  • Chimneying : merupakan teknik dengan memanjat yang berbentuk celah vertikal dan memasukan tangan hingga menempel pada sisi tebing pada bagian depan.
  • Bridging : merupakan teknik dengan memanjat yang menggunakan kedua tangan sebagai alat pegangan pada tumpuan demi menjaga keseimbangan tubuh.
  • Lay Back : merupakan teknik dengan memanjat pada tepi dan celah tebing dengan posisi punggung sedikit miring untuk menempatkan pegangan yang kuat.

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar