aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Isi Kandungan Surat Al-Maidah Ayat 32


Berikut adalah surat Al-Maidah ayat 32

مِنْ أَجْلِ ذَٰلِكَ كَتَبْنَا عَلَىٰ بَنِىٓ إِسْرَٰٓءِيلَ أَنَّهُۥ مَن قَتَلَ نَفْسًۢا بِغَيْرِ نَفْسٍ أَوْ فَسَادٍ فِى ٱلْأَرْضِ فَكَأَنَّمَا قَتَلَ ٱلنَّاسَ جَمِيعًا وَمَنْ أَحْيَاهَا فَكَأَنَّمَآ أَحْيَا ٱلنَّاسَ جَمِيعًا ۚ وَلَقَدْ جَآءَتْهُمْ رُسُلُنَا بِٱلْبَيِّنَٰتِ ثُمَّ إِنَّ كَثِيرًا مِّنْهُم بَعْدَ ذَٰلِكَ فِى ٱلْأَرْضِ لَمُسْرِفُونَ

Arti: Oleh karena itu Kami tetapkan (suatu hukum) bagi Bani Israil, bahwa: barangsiapa yang membunuh seorang manusia, bukan karena orang itu (membunuh) orang lain, atau bukan karena membuat kerusakan dimuka bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh manusia seluruhnya. Dan barangsiapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya. Dan sesungguhnya telah datang kepada mereka rasul-rasul Kami dengan (membawa) keterangan-keterangan yang jelas, kemudian banyak diantara mereka sesudah itu sungguh-sungguh melampaui batas dalam berbuat kerusakan dimuka bumi.

Apakah Isi Kandungan Surat Al-Maidah ayat 32?

1. Larangan untuk membunuh manusia tanpa alasan yang jelas.

Membunuh merupakan hal yang tidak boleh dilakukan oleh manusia jika tidak disertai dengan alasan yang pasti dan tanpa sebab.

Namun, membunuh juga diperbolehkan dalam Islam jika sudah memenuhi kriteria sebagai hukuman yang sudah ditetapkan.

2. Pembunuhan tanpa alasan yang jelas adalah dosa yang besar

Membunuh adalah perbuatan yang sangat dilarang oleh Allah. Bahkan membunuh merupakan dosa yang sangat besar.

Saking besarnya, ketika seseorang melakukan pembunuhan secara sembarangan, maka dia seolah-olah membunuh semua manusia.

3. Menjaga nyawa sesama manusia adalah pahala yang besar

Kebalikan dari pembunuhan, melakukan aktivitas yang baik sesama manusia dengan menunjukkan kasih sayang akan diganjar dengan pahala yang besar.

Hal ini seolah-olah dia telah menjaga kehidupan semua manusia.

4. Keterangan-keterangan yang jelas telah dibawah oleh para rasul

Utusan Allah telah membawa penjelasan atau keterangan yang jelas terkait suatu perintah yang membuat manusia mempunyai aturan, sehingga kehidupannya akan lebih baik.

5. Banyak yang melampaui batas

Namun, keterangan atau petunjuk yang sudah jelas tersebut tidak diterapkan dengan baik oleh manusia, melainkan banyak diantaranya yang melampai batas dan bahkan berbuat kerusakan di bumi.

Semoga bermanfaat!
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar