aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Sarana dan Prasarana dalam Olahraga Tinju

Sarana dan Prasarana dalam Olahraga Tinju

Sarana dan prasarana olahraga merupakan penunjang atau penopang dalam kegiatan olahraga, tanpa adanya sarana dan prasarana olahraga kegiatan olahraga tidak dapat berjalan secara semestinya.

Dalam berolahraga tidak cukup hanya mengandalkan kesiapan fisik saja, namun juga harus didukung prasarana dan sarana yang memungkinkan olahraga tersebut dapat dilaksanakan dengan baik.

Pada setiap cabang olahraga memang secara khusus mempunyai prasarana dan sarana tersendiri. Demikian juga dalam cabang olahraga tinju. 

Setelah kemarin sempat membahas istilah dalam olahraga tinju, kali ini kita akan membahas tentang sarana dan prasarana dalam olahraga taekwondo.


Ring

Ring merupakan gelanggang tempat pertandingan tinju. Ring sendiri di kelilingi pagar dari tambang ysng dibalut rapi. Kemudian, lantai ring dibuat dari kanvas dilapisi bulu kempa yang didalamnya diisi karet busa. 

Bentuk ring persegi dan ukuran ring minimum 4.90 m persegi dan maksimum 6.10 m persegi diukur dari garis dalam tali. 


Sarung Tinju

Para petinju harus menggunakan sarung tinju merah atau biru sesuai  dengan sudutnya yang telah disediakan oleh panitia pertandingan, dan tentunya telah disetujui oleh Dewan Eksekutif AIBA atau Perwakilannya. 

Sarung tinju bagi para petinju yang digunakan harus  berukuran 10 onz (284 gr). Bagian dari sarung tinju yang terbuat dari kulit tidak boleh melebihi dari ½ berat sarung tinjunya, sedang berat isinya tidak boleh kurang dari ½ berat sarung tinjunya. 


Pembalut Tangan (Bandage)

Petinju harus menggunakan pembalut tangan berjenis vulpeau dengan maksimum panjang 2.5 m agar dapat digunakan oleh seorang petinju. 

Penggunaan sejenis plester, karet atau plester berbahan perekat dilarang keras untuk digunakan sebagai bandage. 


Pakaian Petinju

Seorang petinju harus menggunakan sepatu yang ringan (tanpa paku dan tanpa tumit), kaos kaki, dan celana pendek yang panjangnya tidak melebihi lutut.


Pelindung Gigi (Gumshield)

Pelindung gigi (gumshield) wajib digunakan. Pelindung gigi harus cocok ukuran dan bentuknya. Seoarang petinju dilarang keras dengan sengaja melepaskan pelindung giginya pada saat pertandingan sedang berlangsung.


Cup Protector (Pelindung Kemaluan)

Seorang petinju wajib menggunakan cup protector, sebagai tambahan dia dapat menggunakan celana dalam/cawat.


Pelindung Kepala (Head guard)

Pelindung kepala adalah merupakan alat perorangan, yang bentuk dan ukurannya harus cocok dengan penggunanya. Petinju harus mempunyai head guard merah atau biru yang sesuai dengan sudutnya pada kompetisi nasional ataupun internasional.


Semoga Bermanfaat!

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar