aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Pentingnya Mengetahui Pendapatan Nasional Suatu negara

Pendapatan Nasional, Pendapatan Nasional Suatu negara

Pendapatan nasional suatu negara merupakan hal yang cukup penting untuk diketahui dan dipelajari oleh pemerintah maupun masyarakat umum karena dengan mengetahui pendapatan nasional, sasaran kemakmuran yang akan dicapai dapat dilaksanakan dengan efektif dan efisien.

Suatu negara mempunyai jenis pendapatan nasional yang bermacam-macam, misalnya GDP atau produk domestik bruto.

Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai manfaat mengetahui pendapatan nasional.

Mari kita mulai...

1. Pendapatan nasional bisa dijadikan sebagai alat ukur bagi tinggi rendahnya tingkat kemakmuran suatu bangsa. Secara kuantitatif tingkat hidup atau kemakmuran suatu negara ditentukan oleh perbandingan antara jumlah pendapatan nasional dengan jumlah penduduknya. Konsep ini biasa dikenal dengan istilah pendapatan per kapita. Walaupun pendapatan per kapita itu sendiri belum menggambarkan tingkat kemakmuran seluruh rakyat.

2. Pendapatan nasional juga bisa digunakan untuk mengetahui struktur perekonomian suatu negara. Hal ini bisa dilihat dari sumbangan tiap-tiap sektor kegiatan ekonomi terhadap pembentukan pendapatan nasional.

3. Pendapatan Nasional berguna untuk menentukan dan kemudian menyusun sebagai kebijakan yang dipandang perlu. Dari sektor pertanian umpamanya, dapat disusun berbagai kebijakan seperti pengadaan pangan, industri pupuk, irigasi dan sebagainya.

4. Pendapatan Nasional berguna untuk mengetahui dan membandingkan kegiatan ekonomi masyarakat dari tahun ke tahun. Hal ini kaitannya dengan gerak gelombang kehidupan ekonomi (konjungtur).

Semoga bermanfaat!

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar