aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Organisasi Pergerakan Nasional: Budi Utomo

Budi Utomo merupakan organisasi pergerakan nasional yang muncul pertama kali

Pergerakan nasional merupakan sebuah istilah untuk fase sejarah Indonesia dalam mencapai kemerdekaan.

Masa pergerakan nasional merupakan suatu anugrah, karena pada masa ini mulai lahirnya kesadaran kebangsaan yang di tandai dengan munculnya organisasi-organisasi pergerakan.

Organisasi-organisasi yang muncul pertama kali pada masa pergerakan nasional salah satunya yaitu Budi Utomo. Berikut ini penjelasan mengenai organisasi Budi Utomo.


Pembentukan 

Budi utomo merupakan sebuah organisasi yang dibentuk oleh beberapa mahasiswa STOVIA di bawah pimpinan Sutomo.

Sutomo mendapat ide untuk membentuk organisasi karena mendapat inspirasi dari Wahidin Sudirohusodo.

Ketika itu Wahidin Sudirohusodo berusaha untuk membentuk dana belajar (studiefonds) bagi pelajar cakap tetapi kurang mampu secara finansial.

Dalam perkembangannya, Wahidin Sudirohusodo mendapat dukungan dari Sutomo dan mahasiswa STOVIA. 

Akhirnya, pada tanggal 20 Mei 1908 mereka membentuk organisasi yang bernama Budi Utomo.


Tujuan dan Orientasi 

Orientasi dan tujuan Budi Utomo adalah memberikan pengajaran bagi masyarakat dan berusaha membangkitkan kembali budaya jawa.

Oleh karena perjuangan Budi Utomo lebih cenderung memajukan pendidikan dan kebudayaan, pemerintah kolonial Belanda mengakui keberadaan Budi Utomo.

Kemudian, pada tahun 1920-an secara perlahan-lahan Budi Utomo berubah dari organisasi etnik Jawa menjadi organisasi nasional Indonesia.

Kongres Budi Utomo di Surakarta memutuskan bahwa Budi Utomo bergabung dalam federasi Permufakatan Perhimpunan Politik Kebangsaan Indonesia (PPPKI).

Mulai saat itu Budi Utomo menjadi organisasi yang tidak hanya beranggotakan etnik Jawa, tetapi semua etnik yang memiliki persamaan pandangan dalam bidang pendidikan dan kebudayaan.


Semoga Bermanfaat!


Related Posts

Related Posts

Posting Komentar