aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Asuransi Kesehatan: Pengertian, Tujuan, Manfaat, Jenis, Contoh

Pengertian Asuransi Kesehatan, Tujuan Asuransi Kesehatan, Manfaat Asuransi Kesehatan, Jenis Asuransi Kesehatan, Contoh Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan merupakan produk dari layanan asuransi yang ada yang dikhususkan untuk bidang kesehatan.

Dengan adanya asuransi, individu yang menjadi anggota akan mendapatkan pembiayaan dari perusahaan ketika terkena musibah.

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai asuransi kesehatan.

Mari kita mulai...

Apa Asuransi Kesehatan Itu?

Asuransi kesehatan merupakan suatu jenis produk asuransi yang dikhususkan untuk kesehatan atau perawatan bagai anggota yang mengalami kecelakaan atau terkena suatu penyakit.

Secara umum, ada 2 jenis perawatan yang ditawarkan dalam asuransi kesehatan, yaitu rawat inap dan rawat jalan.

Asuransi ini menanggung berbagai macam biaya untuk kesehatan, misalnya untuk pengobatan atau perawatan mengenai permasalahan seperti cidera, sakit, cacat, penyakit kritis dan juga kematian karena kecelakaan.

Untuk proses pembayarannya sama seperti asuransi yang lain. Bisa dibayar tiap bulan, tiap enam bulan atau bahkan tiap tahun.

Mana yang lebih baik?

Sebaiknya disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan masing-masing. Karena setiap individu pastinya berbeda-beda. Bisa jadi ada yang nyaman dengan membayar tiap bulan, ada yang nyaman membayar tiap enam bulan dan juga ada yang nyaman membayar tiap tahun.

Namun, dalam kasus tertentu, kondisi pembayaran tidak selalu tiap bulan, enam bulan atau tiap tahun. tetapi ada kemungkinan term pembayaran premi lain, misalnya tiap tiga atau empat bulan.

Tujuan Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan akan memberikan harapan bagi mereka yang mendapatkan hal tidak terduga dimasa depan.

Dengan adanya asuransi kesehatan, pihak tertanggung akan merasa lebih aman dan merupakan bagian dari pemerataan  biaya.

Asuransi kesehatan bertujuan untuk mengalihan resiko, pembayaran ganti rugi, pembayaran santunan dan juga menjadikan anggota sejahtera.

Manfaat Asuransi Kesehatan

1. Merubah peristiwa yang tidak pasti menjadi lebih terencana dan pasti
2. Membantu mengurangi resiko perorangan ke resiko kelompok dengan rasa perangkuman resiko. Akan terjadi sistem subsidi silang, yang mana sehat akan membantu sakit, muda membantu tua dan kaya membantu miskin.
3. Memberikan rasa aman dan tenang
4. Media untuk menabung dan investasi

Apa Saja Jenis Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan memang dianggap penting bagi sebagian kalangan yang berusaha untuk meminimalisir resiko yang belum pasti di masa depan.

Untuk itu, sebelum memulai asuransi perlu memperhatikan ketentuan dan sistemnya terlebih dahulu agar lebih bijak dalam mengambil keputusan mengenai asuransi yang akan dipilih.

Berikut adalah jenis asuransi di Indonesia didasarkan pada beberapa hal.

Berdasarkan Perawatannya

Jenis pertama yang akan dijelaskan adalah berdasarkan jenis perawatannya. Di Indonesia sendiri, umumnya terdapat 2 jenis:

1. Rawat Inap

Klasifikasi yang pertama adalah rawat inap. Asuransi ini akan memberikan manfaat kepada pihak tertanggung jika mengalami sakit dengan rawat inap.

Keuntungan dari rawat inap ini memang sudah jelas, karena pihak tertanggung yang sakit akan diberikan pelayanan dan pengawasan dari tim medis selama 24 jam.

2. Rawat Jalan

Klasifikasi yang kedua adalah rawat jalan. Asuransi ini hanya memberikan pelayanan pengobatan tanpa rawat inap kenapa nasabah.

Contoh kasusnya adalah diagnosis medis, cek lab dan lain sebagainya.

Berdasarkan Badan Pengelola Dana

Pengelolaan dana dalam asuransi memang sangat penting untuk diperhatikan, karena menyangkut banyak orang.

Di Indonesia terdapat 2 badan yang berwenang mengelola dana asuransi, yaitu pemerintah dan swasta.

1. Pemerintah

Pemerintah mempunyai program asuransi bagi masyarakat, yang tak lain adalah BPJS atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial).

Bahkan setiap perusahaan diwajibkan mengikutsertakan karyawannya menjadi anggota BPJS. Bagi yang bukan karyawan juga tetap bisa mendaftarkan diri secara mandiri.

2. Swasta

Pihak swasta yang ingin mendirikan perusahaan asuransi juga diberi ruang yang luas. Buktinya banyak perusahaan asuransi kesehatan swasta di Indonesia.

Nah, bagi kamu yang ingin ikut asuransi kesehatan selain BPJS bisa mendaftarkan diri ke perusahaan swasta.

Namun, kamu harus hati-hati dalam memilih perusahaan dan pastikan sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK agar tidak tertipu atau menyesal dikemudian hari.

Berdasarkan Metode Pembayaran Klaim

Berikutnya mengenai cara mendapatkan klaim dari perusahaan asuransi kesehatan terbaik pilihan anda. Ada dua metode, yaitu cashless dan reimburse

1. Cashless

Sama sepertinya namanya, jenis metode ini memberikan dana langsung kepada kamu jika melakukan pengobatan.

Biasanya akan diberi sebuah kartu dan kartu tersebut harus dibawa saat berobat.

2. Reimburse

Metode ini berbeda dengan cahsless. Jika kamu memilih menggunakan metode reimburse, saat melakukan pengobatan kamu harus menggunakan uang pribadi terlebih dahulu.

Kemudian, nanti bisa mengajukan klaim ke perusahaan dengan menyiapkan dokumen yang dibutuhkan. Jika diterima, maka uang akan cari sebagai pengganti dari uang pribadi.

Berdasarkan Pihak Tertanggung

Pihak yang ditanggung atau tertanggung dalam asuransi, khususnya asuransi kesehatan ada 2 macam, yaitu pribadi dan kelompok.

1. Pribadi

Asuransi pribadi ini digunakan hanya untuk 1 orang saja. Manfaat yang akan diterima juga untuk 1 orang yang terdaftar tersebut sesuai dengan polis asuransi yang telah disepakati.

2. Kelompok

Sama seperti namanya, asuransi kelompok dikhususkan untuk mengakomodasi banyak orang. Misalnya keluarga dan karyawan perusahaan.

Berdasarkan Biaya yang Ditanggung

Terakhir mengenai biaya yang akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. Disini terdapat 2 macam, yaitu tanggungan total dan tanggungan tertinggi.

1. Tanggungan Total

Dalam hal ini perusahaan asuransi akan membiayai seluruh jumlah dari pihak tertanggung secara keseluruan tanpa terkecuali. Termasuk rawat inap, cek lab, pengobatan, dll.

2. Tanggungan Tertinggi

Perusahaan tidak menanggung semua beban biaya, tetapi akan menanggung beban yang paling tinggi. Misalnya akan membiayai rawat inap tetapi tidak dengan cek lab.

Apa Saja Asuransi Kesehatan di Indonesia

Allianz

Asuransi kesehatan Allianz memulai mengoperasikan bisnisnya di Indonesia pada tahun 1981. Pada tahun itu juga, Allianz secara resmi membuka kantor perwakilan di Indonesia.

Pada awalnya Allianz mendirikan PT Asuransi Allianz Utama di Indonesia sebagai perusahaan asuransi umum.

Seiring berjalannya waktu, perusahaan Allianz membuka membuka berbagai jenis asuransi, salah satunya adalah asuransi kesehatan dengan mendirikan PT Asuransi Allianz Life pada tahun 1996 di Indonesia.

Lebih jauh lagi, Allianz juga memulai bisnis asuransi syariah di tahun 2006.

Untuk masalah kelegalan sudah tidak diragukan lagi. Baik PT Asuransi Allianz Life Indonesia maupun PT Asuransi Allianz Utama Indonesia.

Keduanya sudah mendapatkan izin dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan)

AXA Mandiri

Asuransi kesehatan AXA merupakan layanan yang dimiliki oleh AXA Mandiri yang telah hadir 15 tahun di Indonesia.

AXA Mandiri sendiri merupakan perusahaan asuransi jiwa patungan antara PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dan National Mutual Internasional Pty. Limited (AXA).

Perusahaan ini menyediakan berbagai macam produk sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Misalnya, asuransi jiwa, asuransi penyakit kritis, dana pendidikan, dana hari tua, dana pensiun dan juga yang kita bahas kali ini asuransi kesehatan AXA Mandiri.

Manulife Indonesia

Berikutnya terdapat Manulife yang merupakan perusahaan asuransi yang menawarkan beragam layanan termasuk asuransi kesehatan.

Manulife Indonesia didirikan di tahun 1985, yang mana merupakan bagian dari Manulife Financial Corporation, grup penyedia layanan keuangan dari Kanada yang melakukan kegiatan di Asia, Kanada dan juga Amerika Serikat.

Dalam urusan kesehatan, perusahaan ini mempunyai 2 layanan, yaitu produk asuransi kesehatan dan produk asuransi penyakit kritis.

PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Cigna

Perusahaan ini didirikan di tahun 1990 dengan nama PT Asuransi Cigna (Cigna Indonesia) yang merupakan perusahaan asuransi jiwa.

Cigna Indonesia merupakan anak dari perusahaan Cigna Corporation, salah satu perusahaan layanan kesehatan terbesar di Amerika Serikat.

Perusahaan asuransi Cigna Indonesia mempunyai beragam produk kesehatan, antara lain sebagai berikut:
  1. Cigna EaziHealth
  2. Cigna Infinite Healthcare
  3. Cigna Family Care Optima
  4. Cigna Family Care
  5. Cigna Premium Health Protection
  6. Cigna Proteksi Sehat Optima
  7. Cigna Proteksi Sehat
  8. Cigna Senyum Sehat
  9. Cigna Health Protection
  10. Cigna Care and Save

Prudential Indonesia

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) berdiri pada tahun 1995 merupakan bagian dari Prudential plc, yang merupakan sebuah grup perusahaan jasa keuangan di Inggris.

Prudential Indonesia bisa dikatakan cukup populer dalam urusan asuransi sejak peluncuran produk asuransi terkait investasi pertamanya pada tahun 1999.

Asuransi kesehatan prudential mempunyai beragam produk yang menarik untuk dicoba sesuai dengan kemampuan.

AIA Financial

AIA merupakan salah satu perusahaan asuransi jiwa di Indonesia yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

AIA Financial menawarkan asuransi kesehatan syariah yang bisa menjadi alternatif pilihan selain asuransi konvensional.

Sebagai tambahan informasi, AIA pertama kali didirikan di Shanghai pada tahun 1919.

Berikut adalah beberapa produk asuransi kesehatan AIA:
  1. AIA Powerepro Life
  2. Premier Hospital & Surgical Extra
  3. AIA Prolink Asssurance
  4. dll

FWD Life

PT FWD Insurance Indonesia (FWD Insurane), merupakan perusahaan asuransi jiwa patungan dan bagian dari FWD Group (FWD) yang sebelumnya dikenal dengan PT Commonwealth Life, telah resmi bergabung dengan PT FWD Life Indonesia sejak 1 Desember 2020 dan akan kedepannya akan dikenal sebagai FWD Insurance.

Flashback sejenak tentang FWD, perusahaan ini didirikan di Asia pada tahun 2013, merupakan bisnis asuransi dari grup investasi, Pacific Century Group.

Untuk produk kesehatan, FWD menawarkan banyak produk, seperti Asuransi Bebas Handal, FWD Cancer Protection dan FWD Critical Armor.

Semoga bermanfaat!
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar