aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

14 Pengertian Lingkungan Kerja Menurut Para Ahli

Pengertian Lingkungan Kerja

Lingkungan kerja adalah suatu hal yang pasti ada pada saat kita bekerja. Baik sendirian maupun berkelompok dengan teman.

Pada artikel kali ini akan dibahas lebih lengkap mengenai pengertian lingkungan kerja.

Mari kita mulai...

1. Alex S. Nitisemito (2000:183)

Pengertian lingkungan kerja menurut Nitisemito adalah segala hal yang ada di sekeliling pekerja yang berperan penting dan bisa berpengaruh terhadap diri pekerja dalam menjalankan pekerjaan.

2. Rivai (2013)

Menjelaskan bahwa lingkungan kerja adalah elemen organisasi yang menjadi sistem sosial yang memiliki dampak kuat dalam membentuk sikap individu dalam organisasi dan dapat mempengaruhi prestasi.

3. Bambang (1991:122)

Menyatakan bahwa lingkungan kerja merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan. Lingkungan kerja yang baik akan berdampak pada kinerja karyawan yang optimal. Namun, jika lingkungan kerja buruk akan memberikan kinerja yang buruk untuk karyawan.

4. Sedarmayati (2009:2)

Pengertian lingkungan kinerja menurut Sedarmayati adalah semua alat dan bahan yang dihadapi di lingkungan tempat bekerja, strategi dalam bekerja, dan pengaturan kerja baik dilakukan perorangan maupun kelompok.

5. Sumaatmadja (2013)

Menurutnya, lingkungan kerja adalah terdiri atas lingkungan sosial, lingkungan alam dan lingkungan budaya.

6. A. A. Anwar Prabu Mangkunegara (2005:105)

Definisi lingkungan kerja yaitu segala aspek fisik, psikologis dan peraturan kerja yang bisa berdampak pada kepuasan kerja dan tercapainya produktivitas.

7. Sihombing (2004)

Mengungkapkan bahwa lingkungan kerja merupakan faktor diluar manusia baik secara fisik maupun non fisik dalam perusahaan atau organisasi.

8. Casson (2013)

Mendefinisikan lingkungan kerja sebagai suatu hal dari lingkungan pekerja yang menyulitkan atau memudahkan pekerjaan.

9. Supardi (2005:23)

Mengartikan lingkungan kerja sebagai situasi tempat kerja baik secara fisik maupun non fisik yang bisa memberikan kesan menyenangkan, mentetramkan, mengamankan dalam bekerja.

10. Sarwono (1992)

Lingkungan kerja merupakan segala sesuatu yang dapat menjadikan dampak pada pekerja.

11. Ahyari (2014)

Menyebutkan bahwa lingkungan kerja adalah semua hal yang ada disekitar pekerjaan dan bisa memberikan pengaruh kepada pekerja.

12. Herman sofyandi (2008)

Arti lingkungan kerja adalah bentuk rangkaian faktor yang menjadi pengaruh terhadap kinerja, yang bisa dilihat dari fungsi dan aktivitas.

13. Saydam (2014)

Menerangkan bahwa lingkungan kerja adalah seluruh sarana prasarana kerja yang ada disekeliling karyawan yang bekerja dan berpengaruh terhadap kinerja karyawan.

14. Danang Sunyoto (2012)

Pengertian lingkungan kerja yaitu semua hal yang terdapat disekitar pegawai yang bisa mempengaruhi pegawai dalam menjalankan tanggung jawab.

Semoga bermanfaat!
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar