aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Peran Logo Dalam Membangun Sebuah Bisnis

Peran Logo Dalam Membangun Sebuah Bisnis

Logo merupakan sebuah elemen grafis berbentuk ideogram, simbol, emblem, ikon, tanda yang digunakan sebagai lambang sebuah bisnis.

Dengan kata lain logo adalah sebuah pintu masuk yang mencerminkan sebuah bisnis. Oleh karna itu logo harus dapat menampilkan pribadi dan jiwa entitas yang diwakilinya.

Sejarah singkatnya, logo pada awalnya yang lebih populer adalah istilah logotype. Istilah ini muncul pada tahun 1810-1840.

Namun seiring berkembangnya zaman, akhirnya istilah logo baru muncul tahun 1937 dan hingga kini istilah logo lebih populer daripada logotype.

Untuk meningkatkan sebuah bisnis menggunakan sebuah logo, alangkah baiknya untuk memahami unsur, jenis-jenis dari sebuah logo.

Unsur Logo

Perlu diketahui bahwa logo harus memiliki unsur-unsur yang harus terpenuhi, yaitu :
  • Kesatuan (berhubungan)
  • Dominasi (daya tarik)
  • Irama (berkesinambungan)
  • Proporsi (enak dipandang)
  • Keseimbangan (sama)

Jenis-Jenis Logo

Logo juga memiliki beberapa jenis yang sekarang menjadi icon dari sebuah bisnis ataupun perusahaan.  Secara umum logo dibagi menjadi beberapa jenis, sebagai berikut.

1. Logotipe

Pengertian logotipe adalah sebuah logo yang merupakan hasil dari pengolahan font. Walaupun menggunakan sebuah font, sebuah logo tetap memiliki keunikan ataupun ciri khas.

Setiap font memiliki karakteristik yang dapat menyimbolkan karakter yang diwakilinya. Seperti contoh font yang bold atau tebal menunjukkan kekuatan.

Contoh logo jenis logotipe seperti logo FedEx, Cocacola.

2. Simbol

Jenis simbol adalah sebuah logo yang dirancang untuk mempersingkat nama sebuah perusahaan dengan sebuah simbol yang dijadikan identitas.

Menggunakan konsep logo simbol biasanya digunakan jika nama bisnis yang panjang atau susah diingat dan tidak memiliki singkatan yang terdengar menarik.

Contoh logo jenis simbol seperti logo pertamina, apple, gojek.

3. Singkatan

Logo jenis singkatan adalah logo yang hanya terdiri dari huruf atau sebuah inisial. Hampir sama dengan logo jenis simbol, logo jenis singkatan ini dipergunakan untuk bisnis yang namanya panjang.

Seorang desainer tentunya harus memiliki pengetahuan yang baik tentang tipografi dan font.

Contoh logo jenis singkatan seperti CNN, IBM.

4. Maskot

Logo jenis maskot adalah sebuah logo bergambar yang diwakili oleh sebuah karakter bergambar baik karakter fiktif atau karakter non fiktif.

Penggunaan maskot adalah pilihan yang tepat ketika perusahaan ingin melayani dan menarik keluarga dan anak-anak karena lebih bersifat ramah dan menyenangkan. Fungsi maskot tidak hanya sebagai logo tetapi juga dipakai sebagai duta merek.

Contoh logo jenis maskot seperti Mcdonals, KFC, Michelin.

5. Emblem

Emblem adalah sebuah jenis logo yang menggunakan nama merk ataupun slogan di dalam simbol atau icon.

Penggunaan konsep emblem sering digunakan oleh sekolah ataupun komunitas ini merupakan salah satu konsep logo tertua yang diketahui.

Contoh logo jenis emblem seperti BMW, Harley Davidson.

6. Logo Abstrak

Logo abstrak adalah logo yang menggunakan gambar ataupun simbol yang jarang dikenali. bentuk logo abstrak diambil dari bentuk yang benar-benar abstrak atau simbol yang dipilih untuk mewakili merek yang tidak memiliki makna yang kuat.

Dengan bentuknya yang abstrak maka untuk penggunaan konsep ini sangat disarankan menambahkan tulisan nama merek yang diwakili.

Contoh jenis logo abstrak seperti Adidas, Nike, Pepsi.

7. Tanda Kombinasi 

Logo jenis tanda kombinasi adalah logo yang memadukan antara gambar dan penulisan kata yang menjadi satu kesatuan.

Dalam kata lainnya, simbol dan teks yang dirancang dan digabungkan.

Contoh jenis tanda kombinasi seperti Burger King, Pizza Hut.

Setelah mengetahui unsur-unsur dan jenis-jenis dari logo. Lalu apakah peran logo dalam membangun sebuah bisnis?

Peran Logo Dalam Membangun Sebuah Bisnis

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa logo adalah sebuah pintu masuk yang mencerminkan sebuah bisnis.

Oleh karna itu, logo juga harus memiliki keunikan yang dapat membedakan suatu wujud dengan wujud lainnya.

Namun di era sekarang, pembuatan logo lebih mudah dengan hadirnya jasa desain logo secara online melalui website sribu.com.

Jasa desain logo yang diterapkan sribu menggunakan sistem kontes. Dengan memiliki 194,300 lebih desainer, sribu.com siap melayani klien dengan cepat.

Tidak hanya logo, sribu juga menawarkan 20 jasa kategori desain mulai dari desain logo, kartu nama, kop surat, kemasan, label, flyer, brosur, banner website, banner, dan lainnya.

sribu juga merupakan situs freelancer terbaik, yang berperan sebagai penyedia atau wadah untuk desainer yang berbakat agar dapat ikut bergabung dalam partner desain sribu.

Bangun bisnis anda dengan logo yang menarik melalui jasa desain logo sribu.

Semoga Bermanfaat!
DONASI VIA SAWERIA Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperbaharui blog mingseli.id agar lebih baik. Terima kasih.
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar