aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

18 Pengertian Media Pembelajaran Menurut Para Ahli

Pengertian Media Pembelajaran, Media Pembelajaran
Belajar memang menjadi hal yang wajib bagi manusia. Dari lahir sampai ke liang lahat tidak lepas dari yang namanya belajar.

Belajar bisa dimana saja dan kapan saja.

Disekolah bisa, dirumah bisa, pagi bisa, sore bisa.

Di dalam proses belajar tentunya membutuhkan media pembelajaran untuk mempermudah akses terhadap ilmu yang diinginkan.

Apasih media pembelajaran itu?

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai pengertian media pembelajaran menurut para ahli.

Mari kita mulai...

1. Schramm
Pengertian media pembelajaran adalah suatu teknologi yang membawa pesan dan bisa dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran.

2. Latuheru
Menjelaskan bahwa media pembelajaran adalah alat bantu yang digunakan untuk kegiatan belajar mengajar, dengan tujuan menyampaikan informasi pembelajaran dari sumber kepada penerima.

3. H. Malik
Menurutnya media pembelajaran adalah segala sesuatu yang bisa digunakan untuk men-transfer atau menyalurkan pesan yang berupa bahan pembelajaran, sehingga bisa merangsang perhatian, pikiran dan perasaan penerima.

4. Sudiman
Media pembelajaran adalah semua hal yang bisa digunakan untuk menyalurkan pesan dari sumber kepada penerima.

5. Briggs
Mendefinisikan media pembelajaran sebagai sarana fisik untuk menyampaikan materi pembelajaran, Misalnya, video, foto, ppt dan lain sebagainya.

6. Romiszowski
Arti media pembelajaran adalah media yang efektif melakukan proses belajar mengajar dan direncanakan dengan baik.

7. E. De Corte
Media pembelajaran merupakan sarana non personal yang digunakan oleh tenaga pengajar dalam kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tujuan instruksional.

8. Azhar
Mengartikan media pembelajaran sebagai alat bantu dalam proses belajar baik di dalam kelas maupun diluar kelas.

9. Sutijiono
Media pembelajaran diartikan sebagai sesuatu yang sangat diperlukan oleh guru agar proses belajat menjadi efektif dan efisien.

10. Sri Anitah dan Noorhadi
Mengungkapkan bahwa media pembelajaran adalah setiap orang, bahan, alat atau peristiwa yang bisa digunakan untuk menciptakan kondisi yang membuat murid menerima pengetahuan, sikap dan keterampilan.

11. Rayanda Asyar
Mengemukakan bahwa media pembelajaran adalah sesuatu yang dapat menyampaikan pesan dari suatu sumber secara terencana, sehingga dapat tercipta lingkungan belajar yang kondsif.

12. Santoso S. Hamidjojo
Pengertian media pembelajaran yaitu media yang penggunaannya di integrasikan dengan tujuan dan isi pengajaran untuk mempertinggi mutu kegiatan belajar mengjar.

13. Munadi
Menjelaskan bahwa media pembelajaran adalah sesuatu yang bisa menyalurkan pesan dari sumber secara terencara sehingga tercipta lingkungan belajar yang efektif dan efisien.

14. Gagne
Menurutnya media pembelajaran merupakan jenis komponen dalam lingungan pelajar yang bisa merangsang proses pembelajaran.

15. Hamalik
Media pembelajaran adalah alat bantu yang berupa media komunikasi dan bisa berjalan dengan lancar serta mendapatkan hasil yang maksimal.

16. Miarso
Mendefinisikan media pembelajaran sebagai sesuatu yang bisa digunakan untuk menyampaikan pesan dan dapat merangsang pikiran, perasaan dan perhatian serta kemauan belajar sehingga bisa mendorong terjadinya proses belajar.

17. Benson H. Clarence
Arti media pembelajaran adalah alat yang membantu pengajar untuk menyalurkan kepada pelajar tentang fakta, sikap, keterampilan, pengertian dan penghargaan.

18. Newby
Media pembelajaran merupakan saluran dari komunikasi yang membawa pesan dan mempunyai tujuan berkaitan dengan pembelajaran. Hal tersebut berupa penyampaian informasi kepada siswa.

Semoga bermanfaat!
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar