aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

9 Pengertian Dokumentasi Menurut Para Ahli

Pengertian Dokumentasi

Setiap orang pastinya punya foto kenangan masa lalu, entah itu di waktu kecil saat sekolah atau bahkan saat baru melahirkan.

Foto tersebut bisa dikatan sebagai dokumentasi dari orang tersebut.

Seiring dengan berjalannya waktu, dokumentasi tidak selalu dalam bentuk media cetak karena sekarang ada dokumentasi elektronik yang bisa mudah di buat dan disimpan dalam waktu yang lama, selama memorinya tidak hilang.

Saat pernikahan juga sama, pengantin pastinya membutuhkan dokumentasi pernikahan untuk mengabadikan momen yang sakral. Lebih mudahnya lagi ada jasa dokumentasi yang bisa membuat foto pernikahan menjadi lebih cantik dan indah.

Tapi tahukah kamu apa itu dokumentasi?

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai pengertian dokumentasi menurut para ahli.

Mari kita mulai...

1. Sugiyono

Pengertian dokumentasi menurut Sugiyono adalah sebuah cara untuk memperoleh informasi dan data dalam bentuk buku, arsip, dokumen, tulisan angka dan gambar yang berupa laporan serta keterangan yang bisa mendukung sebuah penelitian.

2. Paul Otlet "International Economic Conference 1905"

Definisi dokumentasi adalah kegiatan yang berupa pengumpulan, pengolahan, penyimpanan dan penemuan kembali serta penyebaran dokumen.

3. Tung Palan

Menjelaskan bahwa dokumentasi merupakan catatan otentik yang bisa dibuktikan dan bisa dijadikan bukti secara hukum yang mana dokumentasi tersebut berisi data-data yang lengkap dan nyata.

4. Nurhadi Magetsari, dkk

Arti dokumentasi adalah bahan yang termasuk ke dalam jenis, bentuk dan sifat apapun tempat informasi direkam dan rekaman yang ditulis atau dipahat menyampaikan informasi berupa fakta.

5. Sulistyo Basuki

Mengartikan dokumentasi sebagai pekerjaan mengumpulkan, menyusun dan mengelola dokumen litereter yang mencatat segala aktivitas manusia dan yang dianggap berguna untuk dijadikan sebagai bahan dan penerangan mengenai berbagai soal.

6. Arikunto

Pengertian dokumentasi menurut Arikunto adalah mencari dan mengumpulkan data mengenai hal-hal yang berupa catatan, transkrip, surat kabar, buku, notulen, rapot, agenda dan lain sebagainya/

7. Encyclopedia Britanica

Dokumentasi yaitu sebuah pengawasan dan penyusunan bibiliografi yang menggunakan alat seperti indeks, sari karangan dan isi bibiliografi memakai cara tradisional untk membuat informasi itu bisa dicapai.

8. Kamus Besar Bahasa Indonesia

Dokumentasi merupakan proses pengumpulan, pemilihan, pengolahan dan penyimpanan informasi dibidang pengetahuan.

Pemberian atau pengumpulan bukti dari keterangan seperti kutipan, gambar, dan bahan referensi lainnya.

9. Federatioon Internationale de Decomentation (FID)

Dokumentasi adalah aktivitas mengumpulkan dan menyebarkan berbagai jenis dokumen tentang semua lapangan pekerjaan.


Semoga bermanfaat!

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar