aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

14 Pengertian Logika Menurut Para Ahli

Membahas mengenai logika pastinya tidak bisa lepas dari manusia yang merupakan makhluk ciptaan Tuhan paling sempurna.

Manusia mempunyai akal yang bisa digunakan untuk berpifikir dan menalar.

Bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Secara otomatis akan memilih jalan yang baik dan berusaha meninggalkan jalan yang butuk.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, logika adalah pengetahuan tentang kaidah berpikir atau jalan pikiran yang masuk akal.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang arti dari logika,

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai pengertian logika menurut para ahli.

Mari kita mulai...

1. Poespoprodjo
Logika adalah ilmu dan kecakapan dalam menalar dan berpikir dengan tepat.

2. Jan Hendrik Rapar
Logika merupakan sebuah pertimbangan akal yang diatur melalui kata dan dinyatakan dalam bahasa.

3. Poedjawijatna
Menjelaskan bahwa logika adalah filsafat budi (manusia) yang membahas metode berfikir untuk mengetahui tentang bagaimana cara manusia berfikir dengan semestinya.

4.. Aristoteles
Definisi logika merupakan ajaran tentang berpikir secara ilmiah, membicarakan suatu bentuk pikiran itu sendiri dan hukum-hukum yang menguasi pikiran.

5. Soekadijo
Mengartikan logika sebagai metode yang diciptakan guna meneliti ketepatan menalar.

6. Louis O Kattsoff
Logika diartikan sebagai sebuah ilmu mengenai metode untuk memperoleh kesimpulan dari sebuah perangkat bahan tertentu.

7. William Alston
Mendefinisikan logika sebagai sebuah studi tentang menyimpulkan. Usaha untuk menetapkan ukuran untuk memisahkan penyimpulan yang sah dan tidak sah.

8. The Liang Gie
Arti logika adalah suatu bidang pengetahuan dalam lingkungan filsafat yang mempelajari mengenai asas dan aturan penalaran yang benar.

9. Herbert L. Searles
Logika didefinisikan sebagai proses menalar yang memerlukan langkah-langkah tertentu, diantaranya, mengumpulkan fakta khusus dan mengumpulkan hipotesis serta melakukann verifikasi.

10. Mundiri
Berpendapat bahwa logika adalah ilmu tentang hukum dan motode yang digunakan sebagai pembeda penalaran yang benar dan salah.

11. Cholid Narbuko
Menyatakan bahwa logika merupakan ilmu pengetahuan mengenai asa, aturan, hukum-hukum, dan susunan atau bentuk pikiran manusia yang bisa mengantar pikiran tersebut kepada sebuah kebenaran.

12. Irving M Copi
Pengertian logika adalah suatu ilmu yang mempelajari teknik dan hukum yang digunakan untuk membedakan penalaran yang benar dan yang salah.

13. Abu Achmadi
Menurutnya logika adalah studi ilmiah mengenai prinsip umum yang menentukan validitas cara menarik kesimpulan terhadap masalah yang sedang diperbincangkan.

14. Bang Fuji
Menjelaskan bahwa logika merupakan sebuah seni berpikir sistematis dan ilmiah untuk menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi manusia.

Semoga bermanfaat!

DONASI VIA SAWERIA Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperbaharui blog mingseli.id agar lebih baik. Terima kasih.
Related Posts

Related Posts