aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Cara Menghilangkan Noise Rekaman di Audacity

Cara Menghilangkan Noise Rekaman di Audacity

Menghilangkan noise pada sebuah rekaman merupakan langkah awal yang wajib kalian lakukan ketika melakukan edit audio rekaman. Noise rekaman dapat dihilangkan dengan mudah menggunakan software open source yaitu Audacity.

Bagi yang belum nengetahui noise itu apa? Noise adalah sebuah suara-suara diluar rekaman yang tidak kita inginkan. seperti suara angin pada kipas, yang tidak sengaja masuk ke dalam rekaman.

Untuk meminimalisir adanya noise dalam rekaman, berikut ini ada sedikit tips agar rekaman kalian terhindar dari noise.

  1. Kalian bisa merekam di tempat yang tenang. Jika merekam di indoor, pastikan matikan AC atau kipas angin pada saat proses merekam. Jika di outdoor pilih tempat yang tenang dan tidak banyak angin.
  2. Jarak antara Mic jangan terlalu jauh, lalu bicara dengan jelas dan keras, supaya suara vokal kalian lebih dominan dibanding dengan noise audio.
  3. Gunakan windscreen Mic, windscreen itu seperti busa pelindung Mic. Jika pakai smartphone, kalian bisa memanfaatkan kain.

Alasan menggunakan software Audacity adalah yang pertama aplikasi ini open source. Maka, kalian bisa gunakan secara gratis. Kedua, kualitas hasil dari software ini tidak berbeda dengan software edit audio yang berbayar.

Sebelum melangkah ke proses editing, pertama hal yang kalian perlu pahami. Bahwa bersih tidaknya noise yang kalian hilangkan tergantung dari seberapa banyak noise yang ada di rekaman kalian.

Semakin sedikit noise, maka hasil editing audio bisa jernih bahkan sangat jernih. Jika, semakin banyak noise maka hasil editing bisa jadi masih menyisakan noise. Jika noise kalian hilangkan secara berlebihan maka kualiatas suara rekaman kalian akan turun.

Jika rekaman kalian sudah siap, selanjutnya kita lanjut ke proses editnya.

Langkah-langkah menghilangkan noise di rekaman

1. Kalian koreksi dulu letak noise yang ada di rekaman kalian, Setelah itu blok rekaman yang ada noisenya, seperti gambar dibawah
Cara Menghilangkan Noise Rekaman di Audacity

2. Kemudian pilih menu Efek dan pilih Noise Reduction
Cara Menghilangkan Noise Rekaman di Audacity

3. Lalu akan muncul tab baru. kemudian, Sesuaikan settingan yang ada di gambar dibawah ini. Lalu tekan OK
Cara Menghilangkan Noise Rekaman di Audacity

Dan bisa kalian lihat hasilnya. Bandingkan dengan rekaman sebelumnya pasti akan berbeda. 
Jika dirasa cukup bisa kalian Save dan Export untuk menyimpan rekamannnya di PC/Laptop kalian.

Sekian semoga bermanfaat!
DONASI VIA SAWERIA Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperbaharui blog mingseli.id agar lebih baik. Terima kasih.
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar