aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

8+ Tips Merawat Mouse Supaya Awet Dalam Penggunaanya

8+ Tips Merawat Mouse Supaya Awet Dalam Penggunaanya

Punya mouse tapi sering rusak? Perhatikan beberapa solusi berikut! 

Sebelumnya kita mengenal sedikit apa itu mouse.

Mouse merupakan perangkat keras yang menerima input-an berupa gerakan, tekanan tombol (click), dan penggulungan (scroll) yang dapat digunakan untuk memilih teks, ikon, file, dan folder, dll.


Mouse saat ini tidak hanya digunakan untuk Pengguna PC/Komputer saja. Namun, pengguna laptop saat ini juga menggunakan perangkat keras ini.

Karna pengunaannya yang sering, oleh karna itu kita sebagai pengguna harus memperhatikan tata cara perawatan, agar mouse yang kita gunakan tetap awet dan tahan lama.

Berikut tips merawat mouse agar tetap awet dalam penggunaannya.

1.  Jauhkan Dari Benda Cair

Tips pertama ini yang biasanya kesalahan yang kalian lakukan, yaitu meletakkan benda yang berisiko tumpah di dekat mouse. Seperti meletakkan gelas di dekat mouse, yang nantinya secara tidak sengaja tersenggol mouse ketika kalian gerakkan.

2.  Keringkan Tangan Terlebih Dahulu

Perhatikan tangan kalian ketika akan memegang mouse, pastikan tangan kalian dalam kondisi kering. Dengan begitu dapat meminimalkan resiko kerusakan pada mouse. Sebab ketika tangan basah, air yang ada di tangan dapat merembes/mengalir ke dalam celah-celah mouse dan masuk ke dalam komponen yang ada di dalam.

3.  Gunakan Mouse Pad

Tambahkan mouse pad ke dalam penggunaan mouse, dikarenakan agar optik mouse terhindar dari debu sehingga dapat terjaga kebersihannya.

4.  Perhatikan Kabel

Perhatikan kabel mouse kalian, pastikan kabel mouse tidak terlilit atau terjepit/terlindas. Karena jika itu terjadi akan putus jika kabel tertarik.

5.  Berhati-Hati

Berhati-hati ketika mengeklik menggunakan mouse, jangan terlalu keras dalam menggunakannya. hal ini sering terjadi ketika PC/Laptop dalam keadaan lemot, kemudian kalian klik berulang kali dengan tekanan tinggi.

6.  Bermain Game Gunakan Joystick

Gunakanlah joystick ketika kalian ingin bermain game, dengan jenis game yang memerlukan tekanan tinggi dalam permainannya.

7.  Amati Kebersihan Optik Mouse

Buka dan bersihkan optik mouse secara berkala setiap 1-2 bulan sekali. Bersihkan menggunakan alkohol dibantu kapas/tiesu. Namun perhatikan, ketika pembersihan lakukan secara perlahan, sebab komponen dalam mouse rawan kerusakan.

8.  Perhatikan Peletakan Mouse

Tips yang terakhir yaitu perletakan mouse, jangan gunakan mouse di tempat yang tinggi karena apabila mouse jatuh hal inilah salah satu penyebab mouse kalian akan rusak lebih cepat. Karena dengan jatuh tersebut komponen mouse kalian akan rusak.

Itu tadi tips merawat mouse kita agar tetap awet dan tahan lama hingga beberapa tahun kedepan. Kalian dapat terapkan beberapa cara diatas agar dapat mengurangi kerusakan.

Semoga Bermanfaat!
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar