aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Membuat Kipas Pendingin Laptop Sederhana dari Kipas Bekas PSU/CPU

Vektor kipas pendingan laptop

Ingin punya kipas laptop tapi harga mahal? atau bingung cari yang simple dan bisa dibawa tanpa memakan tempat? - Tepat sekali kalian yang ingin tau jawaban pertanyaan tersebut mampir ke artikel ini. Karena dalam pembahasan kali ini admin akan membahas artikel tentang pembuatan fan/kipas laptop dengan menggunakan kipas bekas PSU/CPU yang tidak terpakai.


Sesuai dengan kegunaan kipas sendiri yaitu sebagai pendingin, disini kipas yang digunakan untuk laptop berfungsi sebagai pereda/penurun suhu laptop. 

Apalagi ketika laptop digunakan untuk membuka game, editing baik foto maupun video, yang tentunya akan menaikkan kinerja laptop sehingga dapat menaikkan suhu laptop itu sendiri.

Oke, langsung saja kita ke langkah-langkah pembuatan.

1. Yang pertama-tama kita siapkan yaitu alat dan bahan. berikut alat dan bahannya:
alat dan bahan membuat kipas laptop sederhana

2. Klupas kulit kabel dari kipas dan adaptornya menggunakan gunting sampai terlihat tembaganya (Klupas secukupnya). Pastikan konektor bawah dari adaptornya/usb sudah digunting.

3. Lalu sambungkan kabel adaptor dengan kabel kipas. Penyambungan disesuaikan warna kabelnya (Kabel merah dengan merah dan sebaliknya).

4. Ketika sudah disambungkan. Lalu, tutup dengan lakban/solasi hitam (agar tidak terjadi konselting dan agar rapi). bisa dilihat gambar dibawah
langah-langkah membuat kipas pendingin laptop sederhana

5. Bisa kalian rapikan lagi dengan mengisolasi dua kabel cabang, menjadi satu cabang.

6. Selesai, bisa kalian lihat hasilnya beserta percobaannya.
langkah terakhir atau hasil kipas pendingin laptop sedehana

tes menggunakan kipas pendingin laptop yang di buat sendiri

Itu tadi tutorial membuat kipas laptop sendiri dengan memanfaatkan kipas bekas. Dengan langkah yang mudah dan bisa kalian lakukan sendiri dirumah.

Dalam pembuatan diatas, kenapa admin menggunakan adaptor kenapa tidak usb? 
karena menurut admin sendiri menggunakan adaptor cas lebih efektif, karena dengan menggunakan adaptor ces dapat meringankan beban laptop karena tidak usah mencolokkan ke dalam laptop, melaikan di colokkan ke aliran listrik rumah. Jadi kinerja laptop seperti barenya dapat tetap hemat.

Namun, semua tergantung kalian sebagai pemakainya. mana yang lebih nyaman dan menurut kalian tepat.

Sekian tutorial SEMOGA BERMANFAAT!
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar