aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

7 Makanan Penambah Darah yang Enak dan Sehat

Bagi sebagian orang rasa pusing di kepala, lemas dan letih menjadi hal yang biasa dan dianggap sepele. Tuntutan bekerja keras mencari nafkah menjadi penyebab menganggap remeh rasa tersebut.

Atau kalau masih pelajar. Bisa jadi mempunyai target yang tinggi sehingga menjadi lupa dengan kondisi tubuh.

Rasa lemas dan letih tersebut bisa jadi merupakan gejala anemia atau yang familiar disebut kurang darah.

Anemia adalah kondisi di mana jumlah sel darah merah berada dibawah normal atau hemoglobin yang membawa oksigen ke seluruh tubuh lebih rendah dari jumlah normal. Efek dari hal tersebut adalah oksigen yang akan dialirkan ke seluruh tubuh menjadi lambat sehingga membuat lemas dan pusing.

Untuk mencegah gejala anemia agar tidak semakin parah kalian dapat mengkonsumsi makanan penambah darah.

Berikut ini kami paparkan 7 makanan enak yang bermanfaat menambah darah.

1. Pisang


Anemia, Penambah Darah, Makanan, Enak, Sehat


Kandungan zat besi pada pisang membuat pertumbuhan sel darah merah menjadi baik. Selain itu vitamin, kalium dan mineral juga dapat meningkatkan produksi hemoglobin dalam tubuh.

Kalian dapat mengkonsumsi satu atau dua buah pisang sehari untuk membantu melawan anemia. Konsumsi secara rutin untuk hasil yang optimal.

2. Daging Merah


Anemia, Penambah Darah, Makanan, Enak, Sehat


Daging merah kaya akan zat besi. Dalam 100 gram daging terdapat kandungan 2,7 mg zat besi. Selain bagus untuk tubuh, daging merah juga dapat diolah menjadi berbagai menu yang lezat.

Daging merah menjadi rekomendasi makanan penambah darah untk ibu hamil. Karena selian mengandung zat besi, daging merah juga memiliki kadungan protein yang tinggi sehingga bagus untuk pertumbuhan janin.

Daging merah bisa didapatkan dari daging kambing atau daging sapi.

3. Telur


Anemia, Penambah Darah, Makanan, Enak, Sehat


Makanan yang sudah tidak diragukan lagi dalam kehidupan sehari-hari. Baik di dadar maupun di masak utuh sama-sama nikmat.

Baca Juga : 5 Makanan yang Dilarang untuk Ibu Hamil

Kandungan di dalam makanan mungil ini sangat banyak mulai dari protein hewani, vitamin B20, vitamin B10, karbohidrat, zat besi, asam nikotenat, potasium, kalsium, sulfat dan fosfor ada di dalam telur. Kuning telur mengandung zat besi yang dapat mengatasi penyakit anemia.

4. Seafood


Anemia, Penambah Darah, Makanan, Enak, Sehat


Seafood atau makanan laut seperti tiram dan kerang mempunyai kandungan zat besi yang sangat tinggi. Dalam 100 gram kerang terdapat 18 mg zat besi.

Bagi kalian yang alergi makanan laut jangan mencobanya. Alih-alih ingin mencegah anemia, penyakit gatal-gatal malah datang.

Coba opsi makanan penambah darah hb yang lain.

5. Sayuran


Anemia, Penambah Darah, Makanan, Enak, Sehat


Sayuran yang berwarna hijau gelap seperti bayam dan brokoli merupakan jenis sayuran penambah darah karena kandungan zat besi yang dimiliki.

Bayam juga mempunyai kandungan protein nabati, serat, kalsium dan vitamin A serta vitamin E.

Sedangkan...

Brokoli mempunyai kandungan yang tidak mau kalah.Sebut saha asam folat dan vitamin C yang membantu pengoptimalan hemoglobin.

6. Kacang-kacangan


Anemia, Penambah Darah, Makanan, Enak, Sehat


Kacang-kacangan merupakan rekomendasi makanan penambah darah saat haid. Karena kalian yang sedang haid bisa nyemil santai dengan makan kacang.

Kandungan kacang-kacangan yang kaya akan zat besi dan protein sangat bagus untuk menambah darah.

Contohnya seperti kacang hijau, kacang arab, kacang merah, kacang hitam dan kacang polong.

7. Sereal


Anemia, Penambah Darah, Makanan, Enak, Sehat


Selain enak, sereal ternyata mempunyai kandungan zat besi yang cukup untuk memerangi gejala anemia. Makanan ini merupakan makanan penambah darah untuk remaja. Karena memang banyak disukai.

Kalian bisa sarapan dengan sereal sekali-kali agar sarapan pagimu tidak monoton.

Itu tadi makanan penambah darah yang enak dan sehat. Kalian perlu mencobanya.

DONASI VIA SAWERIA Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperbaharui blog mingseli.id agar lebih baik. Terima kasih.
Related Posts

Related Posts

1 komentar