aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Keuntungan dan Kerugian Melakukan Overclocking

Overclocking, Komputer, Android
Sambungan Port

Pada artikel sebelumnya, penulis sudah membuat artikel tentang pengertian overclocking.

Bagi kalian yang belum mengetahui apa itu overclocking? Kalian bisa membaca artikelnya disini.

Overclock (OC) merupakan istilah untuk melakukan overclocking pada perangkat komputer.

Seiring dengan perkembangan teknologi, pada perangkat android juga bisa dilakukan overclocking.

Overclock sudah ada sejak tahun 1980an yang mana pada saat itu perangkat komputer sudah mulai canggih.

Setiap hal pasti ada kelebihan dan kekurangan atau keuntungan dan kerugian. Pada pembahasan kali ini penulis berfokus pada keuntungan dan kerugian melakukan overclock.

Keuntungan

1. Mempercepat performa komputer atau pc. Hal tersebut dapat terlihat secara nyata pada kenaikan performa perangkat kalian. Bagaimana tidak? Saat melakukan overclocking processor, ram dan vga berjalan diatas batas wajar.

2. Mempercepat pekerjaan. Saat melakukan overclock perangkat anda akan bekerja dengan sangat cepat. Bagi yang sebelumnya komputer kalian lag saat melakukan pekerjaan seperti mengedit video akan berjalan mulus saat di overclock. Saat ada transfer data ke flashdisk juga pastinya akan berjalan melebihi biasanya.

3. Lebih hemat biaya. Artinya, jika kalian mempunyai komputer yang harganya 4 juta, saat melakukan overclock kalian bisa merasakan komputer kalian sebanding dengan harga 7 juta. Dari perspektif tersebut dapat menghemat biaya.

Kerugian

1. Ketidakstabilan pada perangkat. Hal tersebut bisa terjadi karena komputer memaksa dirinya melebihi batas kemampuan yang telah ditentukan. Jika hal tersebut dapat menyebabkan perangkat hardware tidak stabil.

2. Cepat panas. Jika komputer kalian dilengkapi dengan pendingin atau fan, itu sedikit menolong suhu panas yang terjadi. Tetapi dengan kecepatan processor, ram dan vga yang sangat tinggi panas pada komputer tidak bisa terhindarkan. Pada kasus tertentu, hardware bisa hangus karena terlalu panas.

3. Umur hardware lebih pendek. Karena terus menerus dipacu pada performa yang tinggi membuat suhu panas memperpendek umur hardware. Hal tersebut tentu merugikan bagi kalian yang terlalu sayang pada komputer.

Overclocking boleh dilakukan asalkan kita tahu teknik yang benar dalam hal berkomputer. Jangan asal-asalan kalau tidak mau komputer kalian rusak. Pelajari dengan baik sebelum melakukan overclock.

Itu tadi pembahasan mengenai keuntungan dan kerugian melakukan overclocking. semoga dapat menambah pengetahuan kalian tentang dunia komputer.

Semoga bermanfaat!
DONASI VIA SAWERIA Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperbaharui blog mingseli.id agar lebih baik. Terima kasih.
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar