aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Mengenal Apa Yang Dimaksud Bing Ads dan Apa Bedanya dengan AdWords?

Apa sih Bing Ads Itu? Apakah Sama Dengan Google AdWords?

Apa sih Bing Ads Itu? Apakah Sama Dengan Google AdWords?
by Patricia Adam (Flickr)

Bing merupakan situs mesin pencari web yang bernaung di bawah bendera Microsoft. Bing merupakan bentuk reinkarnasi yang dilakukan Microsoft terhadap ketiga mesin pencari produksinya terdahulu, yakni Live Search, Windows Live Search, dan MSN Search.

Bing diciptakan dengan menggunakan suatu teknologi, yakni PowerSet yang telah dibeli Microsoft pada tahun 2008. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk memperoleh hasil pencarian yang lebih akurat. Di samping itu, Bing dilengkapi dengan kemampuan untuk menyimpan dan membagi historis pencarian melalui Skydrive, Facebook, dan email.

Lalu apa sih Bing Ads itu?

Bing Ads adalah latform periklanan dari Microsoft yang  dimana kita dapat mengatur iklan bisnis kita. Disini kita bisa mengatur tempat penempatan iklan atau jaringan microsoft, lokasi target pasar, bahasa, dsb.

Platform periklanan Bing Ads adalah teman terbaik anda dalam pemasaran online. Mengerti apa saja fitur dan kelebihan dari alat ini, akan meningkatkan bisnis dan penjualan anda.


Apa sih Perbedaan Bing Ads dengan Google Ads?
Apa sih Bing Ads Itu? Apakah Sama Dengan Google AdWords?
Terlepas dari kemiripan yang dipunyai AdWords dan Bing Ads, pasti ada sejumlah detil kecil yang membuat dua platform ini berbeda.

Penting untuk memahami perbedaan antara Bing Ads dan AdWords, apalagi jika kalian ingin memakai dua platform ini. berikut ini perbedaanya;

1. Volume pencarian
    
     Perbedaan pertama ini adalah perbedaan yang paling mendasar, yaitu volume pencarian antara bing ads dengan google adwords. 
Bahwa, sekitar 63% pencarian online mengambil tempat di Google, 23% di Bing, dan sisanya di berbagai platform yang kurang familiar buat kalian.

     Yang artinya, AdWords lebih banyak menyediakan impresi, klik, konversi, juga penjualan kalau dibanding Bing. Tapi, Bing unggul dalam aspek fokus karena minim kompetitor yang bermain.

     Google punya lebih banyak volume pencarian, yang berarti bisa melakukan hal lebih, yang berarti lebih kompleks, yang berarti kalian harus berani membayar lebih banyak untuk tiap kliknya.

2. Cost-per-click (CPC)

    Sebagaian data menyatakan bahwa harga rata-rata klik di Bing lebih hemat 33%-42% dibanding AdWords.

    Sebenarnya, harga tiap klik yang kalian bayarkan di Bing Ads akan bergantung pada bisnis yang kalian iklankan, termasuk target pasar dan keyword yang kalian bidik. Ini yang beda dengan AdWords.
Jika pertimbangan kalian menyangkut harga, Bing Ads jelas pilihan terjangkau.

3. Tingkat Persaingan 
    Dihitung secara kasar, AdWords menguasai 80% pasar mesin pencarian. Dengan banyaknya pengiklan yang gabung AdWords, ini membuat kompetisi internal makin sesak.

    Di sisi lain, dengan Bing Ads kalian hanya akan berkompetisi dengan setengah atau sepertiga jumlah kompetitor AdWords.  

    Dengan tingkat kompetisi yang terbilang rendah, ada peluang iklan lebih sering muncul dan pengunjung tak banyak mendapat perbandingan iklan. Yang artinya, ada potensi besar mendapat hasil lebih baik dengan beriklan di Bing Ads.

4. Demografi 
    
    Dalam aspek demografi, ada perbedaan mencolok antara pengguna Bing dan Google, yang pada selanjutnya berpengaruh ke tingkat konversi iklan. 

    Bahwa berdasarkan data digital, pengguna Bing 40% berumur 35-54 tahun, 44% sudah menikah, dan rata-rata pemasukan rumah tangga lebih tinggi tiap bulannya. Di kondisi lain, pengguna Google cenderung lebih muda.

5. Rasio konversi

    Khusus untuk aspek ini, memang Bing 6% lebih rendah dalam rasio konversi iklan dibanding AdWords.


Tapi di kondisi lain, rata-rata cost-per-lead (CPL) dari Bing adalah lebih murah 6% dari AdWords. Dengan begitu, kalian akan membayar lebih rendah di Bing untuk jenis iklan yang sama.


Dari perbedaan di atas dapat disimpulkan bahwa, Bing Ads dapat membantu kalian mengembangkan bisnis ke tingkat lebih lanjut dengan pengaturan sederhana dan biaya murah.

Memang betul, Bing Ads tak sebesar AdWords, tapi tetap merupakan platform iklan yang paling efektif untuk mendapat hasil luar biasa.

Kabar baiknya adalah, kalau kalian pernah memakai AdWords, menambahkan Bing sebagai salah satu alat pemasaran akan semudah seperti klik satu tombol untuk dua fungsi.

Meskipun kalian baru gabung di dunia iklan berbayar, Bing Ads tetap merupakan satu platform iklan yang mudah dimengerti dan dioperasikan. 
selamat bejalar Bing Ads!

Related Posts

Related Posts