aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Tentang VPN : Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangan VPN

Tentang VPN : Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Manfaat, Kelebihan dan Kelemahan Vpn


  • Pengertian
      VPN adalah singkatan dari Virtual Private Network merupakan sebuah teknologi yang dapat kita gunakan supaya terkoneksi ke jaringan publik (internet) dengan menggunakan jaringan pribadi (private).
      
       VPN biasanya digunakan oleh perusahaan, pemerintah dan organisasi militer untuk melindungi data sensitif mereka saat sedang menggunakan jaringan. Namun, saat ini penggunaan VPN secara pribadi juga semakin meningkat karena dapat melindungi identitas dan privasi pengguna saat berselancar di internet.
al Private Network 

  • Fungsi 
 1. Menjaga Keamanan Data
     VPN mempunyai sistem keamanan serta kerahasiaan yang lebih terjamin daripada sebuah jaringan publik. Dalam sebuah VPN, data yang dikirimkan telah dienkripsi sehingga rahasia lebih aman dari kegiatan penyadapan. Walaupun seseorang berhasil menyadap dan mencuri data dari jaringan VPN, belum tentu ia bisa menguraikan data yang telah dienkripsi tersebut. VPN seperti menciptakan 2 buah tembok besar untuk menjamin keamanan dan kerahasiaan dalam beraktivitas di internet. Jadi, Anda tidak perlu khawatir kerahasiaan data Anda akan terbongkar jika menggunakan VPN.
     
2. Mengotentifikasi Data
   Mengotentifikasi data yang berarti VPN memiliki kemampuan untuk mengotentifikasi data yang masuk, dengan cara memeriksa data tersebut kemudian mengakses informasi sumbernya. Jika proses otentifikasi ini sukses, maka data yang dikirimkan atau yang akan diterima bisa dipastikan memang aman. Jika proses otentifikasi gagal, maka perlu diadakan pengecekan pada data yang dikirim atau diterima tersebut.

3. Dapat Mengakses Website Yang Diblokir
   Pernah mengalami situs favorit Anda diblokir oleh ISP ataupun host, seperti kantor ataupun Negara? Seperti facebook yang diblokir di beberapa Negara? Nah, untuk dapat mengatasi hal ini, maka Anda bisa menggunakan VPN untuk membantu agar tetap dapat mengakses situs yang sudah diblokir sebelumnya.
     Namun terkadang hal ini seringkali disalah gunakan oleh banyak orang, seperti bermain Facebook pada saat jam kerja atau membuka situs-situs berbahaya, seperti situs porno, dan sebagainya. Fungsi ISP sendiri untuk memperluas jaringan kepada user, dengan cara mendukung penggunaan internet secara optimal, melakukan proteksi terhadap virus saat mengakses internet dan mengontrol speed akses internet pada user. Jadi, sebelum menggunakan VPN untuk membuka blokir sebuah website, maka Anda perlu memikirkan dahulu apa manfaat dan kerugiannya.

4. Meminimalisir Gangguan
  Dengan menggunakan jaringan VPN juga akan membuat data terjaga dari segala gangguan selama perjalanannya. Sebenarnya sebuah data yang dikirimkan dari tempat asalnya menuju ke tujuan telah melalui sebuah perjalanan yang sangat jauh. Selama perjalanan tersebut, ada kemungkinan data akan mengalami gangguan. Entah itu rusak, corrupt, hilang sebagian bahkan diganggu oleh pihak ketiga. Ketika Anda menggunakan VPN, kemungkinan tersebut dapat diminimalisir sehingga data bisa sampai ke tempat tujuan dengan selamat


  • Cara Kerja

      Cara kerja VPN sendiri yaitu dengan membuat jaringan di dalam jaringan (sering disebut dengan tunneling). Tunneling bertujuan untuk membuat jalur koneksi secara privat dengan memanfaatkan infrakstruktu jaringan lain.
       Umumnya, ketika kita mengakses sebuah website di internet, maka kita akan terhubung dengan ISP (Internet Service Provider). Semua trafik data permintaan untuk website yang kita akses akan melewati server ISP dan bisa dilihat oleh pihak ISP.
     Berbeda halnya dengan komputer yang menggunakan VPN saat mengakses internet. VPN akan mengenkripsi data sehingga hanya pengguna server VPN yang bisa mengetahui trafik data pengguna dan situs yang dibuka oleh penggun

Bisa dilihat gambar diatas. Ketika terhubung dengan internet menggunakan koneksi VPN itu seperti mengakses internet menggunakan lorong khusus, tidak menggunakan jaringan utama. Server VPN bertugas untuk meneruskan koneksi Anda ke situs yang ingin diakses. Jadi koneksi yang Anda lakukan akan dikenali sebagai koneksi dari jaringan server VPN bukan jaringan yang digunakan pada saat itu.


  • Manfaat Menggunakan VPN 
  1. Menghapus Akses : Maksudnya dengan menggunakan VPN kita bisa mengakses komputer ataupun jaringan kantor, dari mana saja selama terhubung ke jaringan internet atau publik
  2. Keamanan : Dengan menggunakan koneksi VPN kita bisa browsing, searching dengan aman saat mengakses dunia maya atau jaringan internet publik misalnya seperti hotspot atau internet yang ada di cafe-cafe.
  3. Menghemat biaya setup jaringan : VPN juga dapat dipakai sebagai cara alternatif untuk menghubungkan jaringan lokal yang cukup luas dengan biaya yang lebih rendah. Karena transmisi data yang digunakan pada VPN memakai media jaringan internet atau jaringan publik yang sebelumnya telah ada tanpa perlu membangun jaringan sendiri.
  • Kelebihan dan Kelemahan VPN
- Kelebihan : 
1. Dapat meningkatkan mobilitas dari suatu organisasi atau bisnis yaitu dengan langsung menghubungkan ke jaringan rumah atau para pegawai yang mobile pada organisasi tersebut.
2. Dapat dijadikan sebagai solusi biaya yang lebih efektif untuk suatu organisasi atau bisnis yang cukup besar dengan fasilitas jaringan komputer khusus.
3. Fitur kemanan VPN dapat disesuaikan dengan kebutuhan

- Kelemahan :
1. Karena penyediaan akses ke pegawai secara global, faktor keamanan menjadi suatu resiko, hal tersebut dapat menempatkan informasi yang sensitif dari organisasi ataupun perusahaan dapat diakses secara global, karena dengan menggunakan VPN memerlukan perhatian yang lebih untuk penetapan sistem keamanan yang cukup baik dan jelas.


  



Related Posts

Related Posts