aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Jenis-Jenis Dokumen Sumber Beserta Penjelasannya

Dokumen dalam pencatatan keuangan pada dasarnya terpecah jadi dua bentuk. Yakni dokumen sumber dan bentuk dokumen pendukung. Dimana kedua dokumen transaksi ini sama-sama penting antara satu dengan yang lain, sebab memudahkan dalam mengerjakan arsip data keuangan pada perusahaan jasa maupun perusahaan dagang.

Setelah kemarin sudah membahas tentang dokumen pedukung, kali ini akan membahas mengenai dokumen sumber.

Lalu, apa dokumen sumber itu?

Dokumen sumber merupakan dokumen yang dipakai sebagai anutan dalam membuat suatu jurnal. Jurnal yang dimaksud mencakup jurnal khusus, jurnal pembelian, jurnal penjualan, jurnal pengeluaran kas, jurnal umum, jurnal penyesuaian, dan lain-lain.

Dokumen sumber memiliki beberapa jenis-jenis didalamnya. Berikut ini jenis-jenis dokumen sumber beserta dengan penjelasannya.

Jenis-Jenis Dokumen Sumber Beserta Penjelasannya

Kwitansi Transaksi Produk

Merupakan dokumen yang jadi data dalam suatu transaksi. Khususnya untuk menerangkan benda yang sudah dibeli oleh seseorang.

Benda itu diberi definisi serupa dengan benda yang dipilih oleh konsumen. Hal-hal yang tercantum dalam suatu kwitansi transaksi produk antara lain, no kwitansi, tanggal, informasi benda, nominal yang dibayar, jenis benda, jumlah yang dibayar, tanda tangan penyetor, dan juga tanda tangan penerima.

Kwitansi Bukti Pembayaran

Dokumen yang diserahkan saat seorang sudah melunasi produk yang dibeli. Bukti pembayaran berdasarkan sebanyak uang yang sudah dibayarkan pada penjual.

Arti Kwitansi ini didapati sebagai bukti pembayaran yang diakui oleh pihak yang terkait. Dokumen ini pula membuktikan terdapatnya perjanjian antar kedua belah pihak.

Kwitansi Transfer Uang

Dokumen utama kwitansi yang umum dipakai dalam transaksi finansial di perbankan. Saat seorang menjalankan pengiriman dana ke orang lain maka akan memperoleh bukti ini.

Kwitansi ini sebagai bukti saat sudah melaksanakan transaksi berupa transfer, setoran tunai, dan lain-lain. Sebagian elemen yang tertera dalam kwitansi ini antara lain, nomer rekening yang dituju, pengirim menurut transaksi tersebut, serta jumlah uang yang ditransfer.

Kwitansi Cash Receipt

Dokumen yang sebagai fakta terdapatnya kas masuk dan juga keluar. Pencatatan kas masuk serta keluar memberikan keringanan untuk bagian keuangan untuk membuat laopran.

Bukti yang komplit akan menurunkan terdapatnya kekeliruan dalam membuat suatu laporan keuangan. Pemilik perusahaan pun tidak merasa dirugikan jika laporan keuangan yang dibuat jelas.

Kwitansi Serah Terima Uang

Dokumen yang dipakai sebagai bukti atas transaksi yang pernah dilakukan. Bukti pihak yang diberi uang sudah menerima serta prosedur transaksi dianggap setuju. Kedua belah pihak sudah menerima hal itu sebagai bukti yang kuat atas transaksi yang dijalani.

Nota Kontan

Salah satu bukti yang umumnya dibikin saat perusahaan berbentuk perusahaan dagang dan juga manufaktur. Bukti ini salah satu bentuk pengarsipan transaksi atas pembelian maupun pembelian dengan cara tunai.

Maksud nota dibikin rangkap dua yang diserahkan kepada pembeli dan disimpan pemilik gerai. Nota itu dinamakan nota asli dan salinan nota.

Faktur

Faktur mempunyai beberapa jenis kondisi ini dicocokkan dengan kegunaan masing-masing. Faktur yang dipakai sesuai dengan jumlah barang, jenis transaksi, serta lain-lain. Faktur membuat sebagian elemen yang dicocokkan dengan fungsinya.

Pengertian faktur tidak mempunyai keunikan apapun tetap saja faktur kerap digunakan dalam transaksi jual beli dalam dunai usaha perdagangan.

Nota Kredit

Kerapkali ketika seorang membeli secara kredit akan mendapatkan bukti transaksi salah satunya adalah nota. Nota ini dapat digunakan sebagai bukti yang kuat apabila terdapat barang yang datang tidak sesuai pesanan atau mengalami kerusakan.

Ketika ada komplain dari pelanggan maka pemilik toko dapat memeriksa kembali dokumen yang dimiliki oleh penjual biasanya berupa faktur, hal ini sebagai rujukkan dalam pengembalian barang. 

Nota dalam makna kredit biasanya digunakan untuk semua pembeli atau hanya pada pembeli tertentu semua itu tergantung pada pemilik toko.

Nota Debet

Dokumen yang pokok untuk sebagian pihak untuk melakukan langkah tertentu jika ada ketidak sesuaian dengan apa yang diinginkan.

Bukti transaksi pengembalian barang yang dibeli secara kredit. Nota ini juga dapat digunakan untuk bukti ketika akan melakukan pengurangan faktur atas transaksi tertentu.

Pembeli yang melakukan ini akan menunggu balasan dari pemilik toko. Jawaban dari pihak yang terkait maka akan menjadi pencatatan adanya penyesuaian atas suatu transaksi.

Bukti Memorial

Salah satu catatan yang dipakai dalam suatu perusahaan yaitu memo. Memo ini sendiri sejatinya sudah banyak dipergunakan dalam bermacam keperluan baik antara anak buah dengan pimpinan atau dengan sesama karyawan yang ada dalam perusahaan.

Cek

Salah satu dokumen yang sederhana dipakai dalam transaksi jumlah besar. ciri dari dokumen sumber ini antara lai, ada kata “cek”, ada nama bank yang akan dituju (tempat menarik uang), disebutkan tanggal dan tempat cek dikeluarkan, jumlah nominal uang bersama keperluannya, serta tanda tangan penarik.

Bilyet Giro

Bilyat giro bisa dipakai untuk transaksi bisnis dengan jumlah uang yang besar. banyak orang yang memakai bilyet giro untuk melakukan penarikan uang.

Bukti Kas Masuk

Bukti kas masuk biasnaya diterbitkan suatu kwitansi yang menerangkan banyaknya uang yang masuk per tanggal. Bukti kas masuk bisa diamati dari memo harian toko, baik dari pemasukan rutin atau pemasukan yang bersifat segala pemasukan yang terlihat catatannya.

Bukti Kas Keluar

Saat perusahaan melaksanakan transaksi pembelian atau memakai uang perusahaan wajib terdapat bukti otentiknya. Prosedur ini tentusaja dilakukan supaya bisa menurunkan terdapatnya penyalahgunaan dana atas sesuatu kebutuhan tertentu.


Semoga Bermanfaat!

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar