aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Model Pembelajaran Group Investigation: Pengertian, Karakteristik, Langkah, Kelebihan dan Kekurangan

Pengertian Model Pembelajaran Group Investigation, Karakteristik Model Pembelajaran Group Investigation, Langkah Model Pembelajaran Group Investigation, Kelebihan dan Kekurangan Model Pembelajaran Group Investigation

Model pembelajaran group investigation merupakan salah satu pembelajaran koorperatif yang bisa dilakukan sebagai variasi dalam pembelajaran supaya siswa tidak jenuh dengan model pembelajaran yang itu-itu saja.

Namun, untuk dapat menerapkan model pembelajaran ini pengajar harus memahami terlebih dahulu apa itu model group investagation.

Pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai pengertian, karakteristik, langkah-langkah dan kelebihan serta kekurangan.

Mari kita mulai...

Apa itu Model Pembelajaran Group Investigation

Sebelum membahas terlalu dalam, alangkah baiknya kita memahami pengertian dari model pembelajaran ini terlebih dahulu. Ada beberapa pengertian menurut orang-orang terpercaya yang dapat dijadikan ajuan.

Pengertian Model Pembelajaran Group Investigation Menurut Para Ahli

1. Eggen dan Kauchak

Model pembelagaran GI atau Group investigation adalah model pembelajaran kooperatif yang membuat kelompok-kelompok kecil pada siswa untuk melakukan suatu investigasi pada masalah tertentu.

2. Arifin dan Afandi

Mengemukakan bahwa model pembelajaran group investigation adalah model pembelajaran yang mana murid terlibat mulai dari perencanaan, baik dalam menentukan topik maupun cara untuk pembelajarannya.

Model pembelajaran ini  memiliki konsep agar siswa berpartisipasi aktif dalam mencari bahan pelajaran melalui sumber-sumber yang dapat diakses, seperti buku atau melalui internet.

Hal ini akan membuat siswa memiliki kemampuan berpikir mandiri yang sangat baik untuk tumbuh kembangnya.

3. Fatmawati

Menjelaskan bahwa metode pembelajaran group investigation adalah metode pembelajaran yang melibatkan siswa untuk melakukan suatu penelitian. Bukan hanya sekedar merencanakan penelitian saja tetapi juga memecahkan permasalahan.

4. Slavin

Menyatakan bahwa model pembelajaran GI adalah model pembelajaran yang melakukan kegiatan untuk memperoleh, menganalisis dan sintesis informasi dalam rangka untuk memecahkan permasalahan.

5. Thelen

Metode pembelajaran GI merupakan metode pembelajaran yang fokus pada suatu kajian terhadap masalah yang berhubungan dengan sosial diantara pribadi individu.


Karakteristik Model Pembelajaran Group Investigation

Setiap model pembelajaran pastinya memiliki karakteristik atau ciri-ciri tertentu yang membedakan dengan model pembelajaran lain.

Menurut Suganti ada 4 karakteristik model pembelajaran group investigastion, yaitu:

  1. Siswa belajar dalam suatu kelompok
  2. Siswa mempunyai rasa saling ketergantungan dengan siswa lain
  3. Siswa belajar berkomunikasi dan juga berinteraksi dalam kerja sama
  4. Siswa belajar bertanggung jawab terhadap permasalahan atau tugas yang sedang di jalani.

Langkah-langkah Model Pembelajaran Group Investigation

Melakukan model pembelajaran group investigation tidak terlalu sulit yang dibayangkan. Mengetahui tahapan dalam melakukan model pembelajaran ini akan sangat membantu dalam menyusun program belajar.

1. Versi Sharan

Menurut Sharan, setidaknya ada 6 langkah yang harus dilakukan dalam menerapkan metode pembelajaran group investigation

#1 Memilih Topik

Tahapan awal adalah menentukan tema atau topik yang akan di analisis. Dalam hal ini guru juga membagi siswa dalam beberapa kelompok kecil yang terdiri dari 2-6 siswa yang heterogen.

#2 Perencanaan Kooperatif

Guru dan juga siswa harus berkomunikasi mengenai prosedur pembelajaran, tugas dan juga tujuan dari pembelajaran yang hendak dicapai.

#3 Penerapan

Peran guru disini adalah memantau dan membatu siswa juga terjadi kendala.

Siswa menyusun informasi sesuatu topik yang sudah dipilih dengan mengumpulkan sumber dari berbagai informasi. Baiknya tidak hanya informasi yang tersedia di sekolah tetapi juga di luar sekolah.

#4 Analisis & Sintesis

Setelah semua informasi berhasil dikumpulkan, selanjutnya tugas siswa adalah menganalisis dan mensintesis informasi yang nantinya akan di presentasikan.

#5 Presentasi Hasil

Siswa menyajikan hasil temuan yang sudah dikerjakan ke kelas di depan siswa yang lain. Tahapan ini akan membentuk mental siswa untuk berani berbicara di depan banyak orang.

#6 Pemberian Penghargaan

Setelah semuanya selesai, guru bisa memberikan penghargaan atau hadiah kepada kelompok yang memiliki karya terbaik untuk menumbuhkan motivasi dan semangat belajar siswa.

2. Versi Slavin

Adapun langkah-langkah model pembelajaran group investigation yang kedua adalah menurut Slavin. Tahapan ini sama-sama memiliki 6 langkah. Sebagai berikut:

#1 Mengidentifikasi Topik dan Membentuk kelompok

Tahapan ini siswa mengusulkan beberapa topik dan guru akan membaginya menjadi beberapa kelompok.

#2 Merencanakan Tugas

Kemudian siswa akan merencanakan beberapa hal mengenai apa yang akan dipelajari, bagaimana cara mempelajari dan lain sebagainya.

#3 Melakukan Investigasi

Ini adalah tahapan inti dari model pembelajaran group investigation yang mana siswa akan mengumpulkan informasi, menganalisis dan membuat kesimpulan.

#4 Membuat Laporan

Setelah proses investigasi selesai maka siswa akan membuat laporan mengenai hasil yang sudah didapatkan dalam investigasi tadi.

#5 Presentasi Laporan

Setiap kelompok mempresentasikan hasil laporan ke depan kelas dan semua siswa menanggapi dan berdiskusi.

#6 Evaluasi

Terakhir adalah evaluasi dari guru yang akan memberikan masukan mengenai hasil kerja yang sudah dilakukan oleh semua kelompok.


Kelebihan dan Kekurangan Model Pembelajaran Group Investigation

Terakhir adalah kelebihan dan kekurangan dari model pembelajaran GI.

1. Kelebihan Model Pembelajaran Group Investigation

  • Menumbuhkan keharmonisan hubungan para siswa melalui proses belajar bersama
  • Menumbuhkan rasa percaya diri dan rasa hormat siswa
  • Melatih kemandirian siswa
  • Siswa belajar menghargai orang lain

2. Kekurangan Model Pembelajaran Group Investigation

  • Materi yang disampaikan oleh guru sangat minim
  • Penilaian secara personal lebih sulit dilakukan
  • Tidak semua topik bisa dibahas dengan model pembelajaran ini
  • Diskusi kelompok biasanya tidak terlalu efektif
Semoga bermanfaat!

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar