aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

3 Kategori Pegawai dalam Bisnis Kecil

Kategori Pegawai dalam Bisnis Kecil

Perekrutan pegawai merupakan bagian sedikit krusial atau vital karena pebisnis harus memilih orang -orang yang akan membantu dalam menggerakkan usaha.

Tak hanya membeli mesin mahal yang diutamakan, tetapi untuk mengoprasikan mesin tersebut harus orang.

Berikut ini ada 3 kategori pegawai dalam bisnis yang baru mulai dalam usaha kecil.

Pegawai Frontlines atau Bagian Produksi

Sehebat apapun dalam memproduksi sesuatu, hampir dapat dipastikan pasti memerlukan bantuan orang lain untuk mempercepat pekerjaan dalam bisnis.

Demikian juga staff frontlines yang melayani pembeli atau pelanggan secara langsung. Pemilik perusahaan pasti tidak bisa setiap saat selalu melayani pembeli. Minimal dipeelukan makan siang, atau mengawasi bagian produksi, atau libur sehari dalam seminggu.

Berikut ini tips dalam memilih pegawai bagian produksi.

  • Pelajari karakteristik pekerja pada industri sejenis, berapa dan bagaimana skema gajinya.
  • Utamakan referensi dari teman atau saudara agar bisa mengikat pegawai dan mendapatkan pegawai jujur.
  • Melakukan wawancara langsung dan pastikan nilai-nilai yang dimiliki calon pegawai itu kurang lebih sama dengan nilai-nilai yang selaras.
  • Lakukan tes dengan melihat kemungkinan apakah tamatan SMP mampu mengerjakannya dan tidak harus D3/Sarjana.
  • Jika cukup secara informal, tidak usah menggunakan kontrak kerja. Ucapan sudah merupakan sebuah kontrak legal.
  • Kontrak pegawai dengan masa tertentu dengan masa percobaan 3 bulan pertama.
  • Jika sudah positif diterima, kemukakan hal yang diharapkan. Seperti imbalan tambahan lembur, tugas luar kota, waktu libur dipanggil, dan lainnya.

Pegawai Sales

Umumnya, pengusaha pemula sangat ahli dalam memproduksi sesuatu, tetapi melupakan bahwa produk yang dihasilkan harus dijual.

Jika dalam bisnis memerlukan sales khusus, misalnya T-shirt dan hadiah-hadiah kecil sebagai corporate gimmicks, maka diperlukan sales team jika ingin fokus pada urusan design.

Menyisihkan sekian persen profit margin rasanya sangat layak dilakukan agar order terus berdatangan untuk kelangsungan usaha.

Berikut ini tips dalam memilih pegawai bagian sales.

  • Pelajari sales person seperti apa yang diperlukan, seperti seberapa senior mereka.

Manajemen

Kenapa diperlukan seorang tim manajemen? karena didalam membuka usaha tidak sesederhana memproduksi barang, tapi melingkupi bagian-bagian besar seperti finance dan akuntansi, pemasaran, sampai urusan SDM. 

Dengan begitu diperlukan seorang manajemen yang dapat mengatur semua segmen bisnis dengan efektif. 

Berikut ini tips dalam memilih pegawai bagian manajemen.

  • Jika memerlukan orang yang senior, maka hindari pemberian fixed income karena gaji mereka akan menggerogoti cash flow bisnis.
  • Cari ibu rumah tangga yang sebelumnya pernah bekerja di perusahaan sejenis atau jenis pekerjaan yang kurang lebih sama.
  • Tawarkan waktu kerja yang fleksibel, keleluasaan mengatur diri sendiri dan pekerjaan, serta penghasilan tak terbatas ,melalui skema full komisi.
  • Jika diperlukan, bisa memberikan tawaran langsung pembagiqan kepemilikan (saham).


Semoga Bermanfaat!

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar