aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Tips Pengelolaan Modal Kerja dalam Bisnis

Tips Pengelolaan Modal Kerja dalam Bisnis

Dalam dunia bisnis, pengelolaan modal saat diperlukan dan perlu diperhatikan. Modal adalah salah satu hal penting yang perlu disiapkan oleh pelaku usaha untuk membuka sebuah usaha.

Didalam bisnis juga, satu tujuan tidak cukup dan perlu juga memiliki tujuan-tujuan lain. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengelola modal dengan baik.

Berikut ini tips-tips penegelolaan modal kerja dalam dunia bisnis.

Tentukan siklus konversi kas (cash conversion cycle)

Siklus konversi kas adalah waktu yang dibutuhkan untuk mengubah kas (modal awal) menjadi kas kembali (pendapatan).

Siklus dimulai dari kas awal yang digunakan untuk membeli persediaan guna kegiatan produksi, kemudian diproses menjadi produk yang siap dijual, dilakukan penjualan, dan berakhir di penagihan penjualan.

Semakin cepat waktu yang dibutuhkan untuk mengonversi dari kas menjadi kas kembali, maka modal kerja yang dibutuhkan akan semakin sedikit.

Optimalkan kebijakan cash management

Tentukan jumlah kas optimal, misalnya menggunakan anggaran kas, untuk menghindari cash shortage dan investment opportunity loss.

Optimalkan kebijakan inventory management

Semakin sedikit sediaan yang dimiliki tentu akan semakin sedikit pula modal kerja yang dibutuhkan. Namun, terlalu sedikit memiliki sediaan, terdapat risiko tidak terlayaninya permintaan konsumen.

Optimalkan kebijakan manajemen piutang

Sedapat mungkin kurangi besarnya piutang kepada counter-party. Jika terpaksa, patikan tempo pembayaran yang jatuh temponya pendek.

Dan jika terlanjur memiliki piutang dalam jumlah yang signifikan, segera perbaiki manajemen penagihannya.

Optimalkan kebijakan manajemen utang

Perbaiki posisi tawar dengen supplier sehingga bisnis mendapatkan fleksibilitas dalam pembayaran serta tempo pembayaran yang lebih lama.

Jika kondisi tersebut terjadi, maka kebutuhan modal kerja dapat ditekan.


Semoga Bermanfaat! 

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar