aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

5 Strategi Segmentasi Pasar dalam Bisnis

Strategi Segmentasi Pasar dalam Bisnis

Segmentasi pasar merupakan sebuah strategi untuk memilah pasar yang massal dengan membagi-bagi mereka ke dalam kelompok-kelompok dengan menyatukan perilaku-perilaku yang serupa ke dalam sebuah segmen.

Ada beberapa syarat untuk melakukan segmentasi yang efektif, yaitu segmennya harus dapat diukur, dapat dijangkau, cukup besar atau cukup menguntungkan, dapat dibedakan, dan dapat dilaksanakan.

Berikut ini beberapa strategi segmentasi pasar yang dibagi menjadi lima kategori.

Geografi

Pembagian pasar menjadi unit-unit geografis yang berbeda, seperti negara, negara bagian, wilayah, provinsi, kota, atau rumah tangga.

Demografi

Memilah-milah pasar atas faktor who to buy (siapa yang harus membeli). Pasar dibagi menjadi kelompok-kelompok berdasarkan variabel-variabel demografis, seperti usia, gender, ukuran keluarga, siklus hidup keluarga, penghasilan, dan kelas sosial ekonomi.

Variabel demografis merupakan dasar yang paling populer untuk membedakan kelompok-kelompok pelanggan karena lebih mudah diukur daripada variabel lain.

Psikografi

Psikografi merupakan strategi membagi pasar atas faktor why do they buy (mengapa mereka membeli). Konsumen dibagi-bagi menjadi kelompok yang berbeda berdasarkan gaya hidup, kepribadian, atau nilai-nilai yang mereka anut.

Behavioral

Merupakan suatu strategi membagi pasar atas faktor how do they buy (bagaimana mereka membeli) dan mengacu pada kegiatan perilaku yang terjadi secara konkret.

Konsumen dikelompokkan berdasarkan pengetahuan, sikap, pemakaian, atau tanggapan mereka terhadap produk tertentu.

Individual

Pasar dianggap sebagai kumpulan dari individu-individu yang berbeda satu sama lain. Semakin tinggi persaingan yang terjadi dalam suatu industri, perusahaan dituntut untuk menggunakan variabel yang paling dekat dengan perilaku pembelian, dalam hal behavioral atau individual.


Semoga Bermanfaat!

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar