aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

5 Hambatan dalam Berpikir Kreatif

Hambatan dalam Berpikir Kreatif

Kreativitas merupakan kemampuan individu dalam menggunakan imajinasi yang diperoleh karena interaksi dengan ide atau gagasan.

Kesalahan terbesar dalam individu bergelar dalam berkarier adalah ketidaktahuan dan keengganan dalam menggali dan memahami keunikan diri sendiri, serta ketidakmampuan dalam mengatasi hambatan berkreasi.

Sehingga secara tidak langsung individu akan terbelenggu dengan pemikiran diri yang tidak ada kreasi untuk memulai hal baru, seperti berbisnis.

Berikut ini hambatan-hambatan dalam berpikir kreatif yang terbagi menjadi beberapa klasifikasi.

Hambatan Persepsi

Merupakan hambatan yang membuat manusia sulit mempersepsikan masalah atau menangkap informasi yang relevan. Beberapa jenis hambatan kreativitas ini adalah:

Pola Pikir Stereotip

Pola pikir ini adalah suatu prasangka buruk yang dilakukan oleh individu atau kelompok lain tanpa adanya fakta.

Terlalu Banyak atau Terlalu Sedikit Informasi

Terlalu banyak informasi dapat mendatangkan kesulitan. Hal yang sama juga terjadi apabila informasi yang didapatkan terlalu sedikit.

Informasi yang berlimpah akan sulit mendapatkan atau menangkap gambaran utamanya, dan memperlebar masalah (tidak fokus). Hal tersebut akan akan menimbulkan kesulitan dalam pengambilan keputusan untuk pebisnis.

Hambatan Emosi

Hambatan emosi dapat mengganggu kemampuan seseorang memecahkan masalah melalui berbagai cara. Beberapa jenis hambatan kreativitas yang tergolong dalam hambatan emosi adalah:

Takut Mengambil Resiko

Hambatan ini berakar dari pengalaman kultural di mana anak-anak selalu diberi hadiah jika mampu memecahkan masalah yang benar, tetapi sebaliknya dihukum jika melakukan kesalahan.

Karena tidak diberi peluang melakukan kesalahan, banyak orang takut salah dan akhirnya takut mengambil resiko.

Berani Menghadapi Ketidakpastian

Untuk menjadi kreatif, seseorang perlu belajar menghadapi ketidakpastian atau kekacauan (chaos). Dengan begitu, seseorang harus berani berpindah dari zona nyaman ke zona baru.

Lebih Suka Menilai Daripada Menghasilkan Gagasan Baru

Hambatan ini muncul ketika seseorang bersikap negatif. Karena apabila penilaian dilakukan terlalu dini, maka akan banyak sekali gagasan hebat yang ditolak.

Kurang Tantangan

Terkadang seseorang malas memulai usaha karena memandang hal sepele. Segala sesuatu yang dipandang sepele membuat seseorang kurang memiliki tantangan sehingga tidak bergerak atau tidak berani memulai.

Terburu-buru

Sikap terburu-buru dalam menyelesaikan suatu masalah dapat menciptakan hambatan. Untuk menjadi kreatif, sering kali seseorang butuh tahapan inkubasi untuk memikirkan kembali masalahan secara lebih mendalam dalam suasana yang lebih tenang.

Hambatan Kultural

Hambatan ini dapat menjangkiti seseorang bila dihadapkan pada seperangkat pola kultural di lingkungannya.

Salah satu jenis hambatan kultural yang paling umum adalah takut untuk tampil beda dari orang lain, atau takut mengambil tindakan atau mengemukakan gagasan yang kemungkinan bakal dianggap kontroversial.

Hambatan Lingkungan

Merupakan hambatan kultural yang lebih luas. Pengaruh organisasi atau budaya perusahaan dapat menjadi penghambat kreativitas.

Elemen organisasi dari nilai-nilai yang dianut manajer, bawahan, anggota kelompok, pelanggan, dan pesaing juga dapat menghambat atau merangsang kreativitas.

Hambatan Intelektual

Hambatan intelektual biasanya disebabkan oleh sikap mental yang tidak efisien atau keengganan untuk menggunakan pendekatan baru, contohnya:

  • Kecenderungan yang kuat mempertahankan tradisi, menggunakan metode atau cara yang dulu terbukti efektif,
  • Terlalu mengandalkan logika,
  • Enggan menggunakan intuisi,
  • Terlalu mengandalkan statistik dan pengalaman masa lalu sehingga gagasan baru terlalu cepat diuji secara mental.


Semoga Bermanfaat!

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar