aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

6 Unsur Komunikasi Massa yang Wajib Kamu Ketahui


Komunikasi merupakan ilmu yang sangat penting di era sekarang ini. Banyak elemen kehidupan yang membutuhkan komunikasi.

Salah satu hal yang sering kita temui adalah komunikasi massa.

Pesan-pesan yang ada di televisi atau di internet merupakan salah satu bentuk komunikasi massa.

Namun, proses pembuatan pesan pada media komunikasi tidak bisa dilakukan sembarangan.

Ada unsur-unsur yang membentuk komunikasi massa.

Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai unsur komunikasi.

Mari kita mulai...

Komunikator

Unsur pertama dalam komunikasi massa adalah komunikator yang merupakan pihak pengirim pesan.

Komunikator bertindak untuk menyampaikan suatu pesan yang akan bisa diterima oleh masyarakat banyak.

Dalam menyampaikan pesan, seorang komunikator harus memperhatikan beberapa hal. Salah satunya adalah isi pesan yang mudah dipahami oleh semua orang.

Selain itu, komunikator harus mengetahui media mana yang paling tepat digunakan dalam menyampaikan pesan.

Media Massa

Selanjutnya ada media massa.

Media massa atau biasa disebut dengan Pers merupakan alat untuk menjangkau masyarakat yang luas.

Media Massa dibedakan menjadi 2, yaitu media cetak seperti koran dan surat kabar, dan juga media elektronik seperti televisi dan juga radio.

Media massa ini berperan untuk mengakomodasi pesan yang ingin disampaikan oleh komunikator agar dapat menjangkau masyarakat yang lebih luas.

Beberapa contoh media massa adalah sebagai berikut:
  1. Radio
  2. Televisi
  3. Film
  4. Media Cetak
  5. Media Online

Pesan

Informasi massa atau pesan ini berhubungan dengan konten yang akan disebarkan kepada masyarakat melalui media massa.

Pesan dalam komunikasi massa memiliki sifat publik, artinya targetnya adalah masyarakat umum, bukan khusus. Oleh sebab itu, bahasa yang digunakan haruslah mudah dipahami oleh semua orang.

Ada beberapa ciri pesan dalam komunikasi massa, yaitu:
  1. Publicy, artinya pesan dalam komunikasi massa memiliki sifat publik
  2. Rapid, pesan dalam komunikasi massa didesain agar menjangkau khalayak ramai dalam waktu yang singkat dan simultan.
  3. Transient, pesan yang disampaikan memiliki sifat sementara sesuai dengan kebuthan yang berlaku, artinya pesan tidak bersifat permanen. Pesan akan di produksi lagi sesuai dengan tujuan yang diinginkan.

Gatekeeper

Secara sederhana, gatekeeper adalah penyeleksi informasi.

Gatekeeper memegang peranan penting dalam mem-filter pesan yang dibuat oleh komnikator. Disini, gatekeeper dapat menambah atau membatasi suatu informasi massa.

Penyeleksian ini dimulai dari informasi yang baru didapatkan, pengolahan data sampai informasi massa yang siap di sebarkan.

Khalayak

Khalayak merupakan masyarakat penerima informasi massa yang dimuat di media massa.

Khalayak ini memiliki sifat heterogen tetapi juga anonim.

Heterogen artinya pesan yang disampaikan menyasar masyarakat yang luas dan umum.

Sedangkan anonim artinya khalayak penerima informasi tidak diketahui identitasnya.

Umpan Balik

Umpan balik atau feedback merupakan respon yang diberikan oleh pemirsa terhadap pesan yang ada di media massa.

Dahulu, respon terhadap komunikasi tidak terjadi secara instan, namun tertunda.

Akan tetapi, seiring berkembangnya teknologi, umpan balik pada komunikasi dapat terjadi secara instan.

Kesimpulan

Terdapat 6 unsur komunikasi massa, yaitu:
  1. Komunikator
  2. Media Massa
  3. Pesan
  4. Gatekeeper
  5. Khalayak
  6. Umpan Balik
Semoga bermanfaat!
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar