aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Perlengkapan dalam Olahraga Selancar (Surfing)


Selancar atau surfing merupakan salah satu olahraga ekstrem yang berlangsung di atas ombak yang tinggi.

Didalam semua olahraga, perlengkapan sangatlah diperlukan. Begitu juga dalam olahraga selancar atau surfing, ada beberapa perlengkapan yang harus digunakan pada saat berolahraga selancar atau surfing. 

Berikut ini beberapa perlengkapan yang digunakan pemain dalam olahraga selancar atau surfing.

Papan Selancar (board)

Peralatan pertama yang wajib dimiliki oleh peselancar yaitu board atau papan selancar. 

Board atau papan selancar ada tiga jenis yang umum dikenal dan masing-masing memiliki besar, lebar, dan tinggi yang berbeda.

Untuk para pemula disarankan untuk memakai papan yang berukuran lebih tinggi dari ukuran badan, karena papan surfing yang berukuran besar akan memudahkan para peselancar pemula untuk melakukan teknik paddling atau mengayuh. 

Ketentuan ukuran papan selancar bagi pemula yaitu harus memiliki panjang sekitar tujuh kaki dengan lebar 19-21 inci dan mempunyai ketebalan 2-3 inci.

Pakaian Khusus Surfing (rash guard)

Dalam olahraga selancar, penggunaan pakaian perlu juga diperhatikan. Penggunaan pakaian surfing sangat berpengaruh terhadap permainan surfing.

Dengan memakai kaos khusus olahraga surfing akan membuat lebih nyaman. Memakai kaos surfing juga akan melindungi kulit dari bahaya paparan sinar matahari.

Celana Pendek (boardshort)

Tak hanya pakaian yang perlu digunakan dalam olahraga surfing, celana pendek khusus juga sangat diperlukan. 
Celana pendek khusus olahraga selancar atau surfing didesain dengan motif kekinian. Tak hanya itu, bahannya pun ringan dan mudah kering sehingga nyaman saat digunakan. 

Bahannya terbuat dari sejenis karet dan sangat fleksibel. Umumnya, peselancar lebih memilih memakai celana model street karena lebih nyaman dipakai dan leluasa bergerak.

Tali di Kaki (leash)


Tali yang mengikat antara kali peselancar dan board digunakan untuk melindungi peselancar agar tidak terpisah terlalu jauh ketika kontak dengan ombak atau gagal menaiki ombak (take off).

Umumnya, tali ini mempunyai panjang yang sama dengan panjang papan selancar. Hindari tali yang terlalu panjang atau bahkan terlalu pendek karena hanya akan menyusahkan. 

Untuk bord tipe longboard, jangan menggunakan tali pendek dan dianjurkan tnuk memakai ukuran 8 inci atau 9 inci ke atas, agar peselancar bisa bergaya leluasa. Sedangkan untuk shortboard disarankan untuk menggunakan leash ukuran 5 inci atau 6 inci.

Lilin (wax)

Wax atau lilin digunakan untuk menambah daya lekat kaki terhadap papan surfing, sehingga kaki tidak akan licin saat berdiri di atas papan.

Untuk penggunaannya mudah, tinggal dioleskan ke seluruh permukaan papan surfing. Namun untuk iklim tropis, wax yang bisa digunakan memiliki tulisan 27 derajat.

Sisir (wax comb)

Sisir berfungsi untuk meratakan kembali wax dan membuat wax lama terangkat dan nantinya permukaan bisa menjadi lebih kasar. Sisir sangat berguna jika saat berselancar tapi lupa membawa wax.

Sirip (fins)

Fins atau sirip berfungsi untuk mengatur laju dan arah papan selancar. Ada beragam jenis fins yang dapat digunakan dan digunakan menyesuaikan dengan tipe dan karakter ombak yang ingin ditaklukan.

Kunci Sirip (fins key)

Fins key berfungsi untuk membuka fins atau sirip. Fins key wajib dibawa dan tidak boleh sampai tertinggal, yang terpenting saat pemain melakukan perjalanan jauh untuk berburu ombak.


Semoga Bermanfaat!
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar