aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Perlengkapan Olahraga Arum Jeram (Rafting)

Perlengkapan Olahraga Arum Jeram (Rafting)

Arung jeram atau rafting merupakan aktivitas mengarungi sungai yang mengandalkan keterampilan dan kekuatan fisiknya untuk mendayung perahu yang berbahan lunak.

Seperti umumnya pada olahraga, perlengkapan sangatlah diperlukan. Begitu juga dalam olahraga arung jeram atau rafting, ada beberapa perlengkapan yang harus digunakan dalam pertandingan. 

Berikut ini beberapa perlengkapan yang digunakan pemain dalam olahraga arum jeram.

Perahu Karet (boat)

Perahu karet atau boat merupakan peralatan terpenting jika ingin berolahraga arum jeram. Dalam penggunaan perahu karet dapat memuat 4-10 orang tergantung besar kecilnya perahu karet tersebut.

Perahu yang digunakan dalam arum jeram atau rafting ada dua jenis perahu yaitu Non self Bailing dan Self Bailing.

Non self Bailing merupakan perahu karet yang tidak memiliki lubang pembuangan air. Kemudian, jenis Self Bailing merupakan perahu karet yang dilengkapi dengan lubang-lubang pada perahu karet untuk pembuangan air.

Pelampung (life jacket)

Perlengkapan selanjutnya yang tak kalah penting yaitu pelampung. Pelampung diperlukan untuk membantu pemain atau seseorang jika terjatuh ke air, yang nantinya akan mempermudah menyelamatkan diri. Tak hanya itu, pelampung juga untuk perlindungan tubuh dari benturan dengan benda lain.

Helm (pelindung kepala)

Helm merupakan peralatan yang sangat penting untuk digunakan, yang berguna untuk melindungi kepala dari benturan benda-benda keras, dan juga dapat menghindari benturan dengan peserta lainnya.

Helm biasanya ada berbagai jenis ukuran, pastikan pilih ukuran yang sesuai.

Dayung (paddle)

Dayung atau paddle digunakan untuk mendayung boat, dayung tersebut berfungsi untuk mengatur laju perahu karet untuk maju, belok, mundur dan berhenti. Dayung terkuat umumnya terbuat dari kayu, fiber, plastik dan aluminium.

Tali Lempar (throw bag)

Tali lempar merupakan perlengkapan penting dalam boat, dikarenakan tali lempar berguna untuk penyelamatan untuk pemain atau peserta yang terjatuh ke sungai dan susah untuk menyelamatkan diri, dengan melemparkan tali ke arah peserta untuk dipegang dan mempermudah penyelamatan.

Pompa (pump)

Dalam boat atau perahu karet diisi dengan udara. Guide atau pemandu akan melakukan pengisian dengan pompa yang sudah dilengkapi dalam setiap perahu. Untuk pompa manual cara pemakaiannya ada yang diinjak atau dipompa dengan tangan.

P3k Kit (first aid)

Perangkat perlengkapan obat-obatan pertolongan pertama sangatlah penting dalam olahraga ini.

Aktivitas rafting atau arum jeram yang merupakan rekreasi petualangan di alam bebas yang rentan benturan atau gesekan.

Oleh karena itu, alat P3K sangat diperlukan, dan wajib dibawa di dalam boat. Bagi peserta yang mempunyai gangguan kesehatan bawaan juga melengkapi diri dengan peralatan P3K.

Peluit

Peluit biasanya digunakan untuk para guide atau pemandu rafting yang berada dalam setiap boat yang akan mengantar peserta rafting melalui lintasan sungai.

Peluitu juga menjadi sebagai alat komunikasi saat atraksi arung jeram tersebut, terutama berkomunikasi dengan perahu atau boat lainnya. 

Perlengkapan Pribadi

Perlengkapan terakhir yaitu perlengkapan pribadi. Perlengkapan pribadi seperti sunblok, kaca mata, dan perlengkapan ganti.


Semoga Bermanfaat!

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar