aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

4 Kesalahan Umum Pemain Tenis Meja

Kesalahan Umum Pemain Tenis Meja

Tenis meja merupakan olahraga yang terbilang sangat kompleks. Rata-rata orang bermain tenis meja dialkukan secara otodidak, oleh karena itu ada beberapa kesalahan yang kerap dilakukan, tetapi tidak disadari. 

Berikut ini beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan pemain tenis meja.

Memegang Bet Terlalu Erat

Jika terlalu erat memegang bet, maka otot di pergelangan tangan dan lengan juga akan mengencang.

Hal tersebut akan memperlambat gerakan lengan dan juga membuat pukulan tersentak. Itu juga akan menjadikan lebih sulit untuk mengubah sudut bet saat beralih dari satu pukulan ke pukulan lain.

Jika memegang bet lebih longgar, akan memungkinkan pemain untuk menggunakan pergelangan tangan lebih banyak untuk menghasilkan putaran. Transisi antar pukulan dan mengubah sudut bet juga akan menjadi lebih mudah. Selain itu tubuh akan lebih rileks dan bisa bergerak lebih bebas.

Sangat Dekat Berdiri Dengan Meja Tenis

Jika posisi berdiri terlalu dekat dengan meja tenis, maka akan kesulitan mengembalikan bola yang mendarat sangat dalam. Hal tersebut karena kalian tidak memiliki ruang yang cukup untuk melakukan pukulan balasan.

Disarankan untuk menjaga jarak sekitar 30-50 cm dengan meja tenis. Oleh karena itu, jika bola mendarat dalam di area kita, maka memiliki lebih banyak ruang untuk mengembalikan bola. Sebaliknya, jika bola sangat pendek, kalian masih bisa melangkah maju untuk mendekati bola.

Berdiri Dengan Kaki Kanan Di Depan

Jangan berdiri dengan kaki kanan jauh ke depan daripada kaki kiri kalian. Hal ini sering dilakukan pemula saat memainkan pukulan backhand.

Sebetulnya pukulan backhand bisa dimainkan dengan baik dengan posisi kaki kanan ke depan, tetapi jika bola kemudian beralih ke forehand, postur tubuh akan salah dan kalian akan kesulitan memainkan pukulan forehand yang baik.

Lebih baik berdiri dengan kaki sejajar dengan meja tenis, atau dengan kaki kanan sedikit lebih jauh ke belakang daripada kaki kiri. Dengan begitu, pemain masih bisa memainkan pukulan backhand yang sangat kuat, tetapi jauh lebih mudah untuk beralih ke pukulan forehand.

Bagi pemain kidal juga sama, namun posisi kaki harus sebaliknya. Jadi, letakkan kaki kiri sedikit lebih jauh ke belakang daripada kaki kanan.

Memukul Bola Tenis Terlalu Keras

Jangan coba-coba memukul bola terlalu keras. Pada tenis meja tidak perlu bola untuk dipukul dengan keras. 

Jika pemain mencoba memukul bola terlalu keras tanpa teknik yang benar, akan beresiko untuk membuat terlalu banyak kesalahan.

Memukul bola sebaiknya dilakukan dengan lambat saja. Karena lebih mudah untuk mempelajari teknik yang lebih baik, dibanding dengan melakukan tembakan yang tidak terkendali.

Bagi pemain juga akan jauh lebih mahir jika bermain lebih lambat. Dengan teknik yang baik, penempatan bola yang baik, dan konsistensi yang tinggi.


Semoga Bermanfaat!

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar