aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

7 Teknik Pukulan Dasar dalam Olahraga Bola Sodok (Billiard)

Teknik Pukulan Dasar dalam Olahraga Bola Sodok atau Billiard

Teknik dalam berolahraga merupakan proses ataupun tahapan yang sebagai acuan dasar supaya gerakan bisa gampang dipraktikkan serta memperoleh hasil yang baik serta sempurna.

Dalam bermacam cabang- cabang olahraga mempunyai teknik yang diawali dari tahapan sangat mendasar. Serupa halnya dalam olahraga Bola Sodok atau Billiard.

Berikut ini teknik-tenik dasar dalam olahraga Bola Sodok atau Billiard beserta penjelasannya. 

Stop Shoot 

Teknik pukulan dasar yang pertama adalah stop shoot. Teknik pukul stik pada teknik ini dilakukan pas di tengah bola putih atau cue ball.

Fungsi dari teknik ini adalah agar bola berhenti di tempat bila dipukul sejajar dengan bola sasaran, atau dapat minimalkan pergerakan bola setelah membentur sasaran. 

Hasil dari teknik stop shoot sempurna jika bola putih, bola sasaran dan lubang sasaran berada pada satu garis lurus.

Draw Shoot

Teknik pukulan dasar selanjutnya yaitu draw shoot. Teknik draw shoot dilakukan dengan cara memukul bola putih sedikit di bawah dari titik tengah, tepatnya dipukul pada titik jam 6.

Fungsi dari teknik ini adalah bola akan berjalan mundur setelah terkena bola sasaran. Hal ini terjadi jika bola sasaran dipukul letaknya sejajar. Jika letaknya tidak sejajar, sudut pantulan bola akan lebih lebar.

Pukulan ini wajib dipahami oleh pemula dan terus dilakukan berulang agar teknik ini berhasil sempurna.

Follow Shoot

Teknik pukulan atau sodokan dasar selanjutnya yaitu follow shoot. Tenik ini adalah sodokan yang bertujuan untuk membuat cue ball (bola putih) bergerak maju setelah mengenai bola sasaran. 

Teknik follow shoot dilakukan dengan cara memukul bola putih sedikit di atas garis tengah. 

Spin Shoot

Teknik spin shoot dilakukan dengan cara memukul sedikit di kiri atau kanan titik tengah pada bola putih (cue ball). 

Fungsi dari teknik ini adalah, bola akan bergerak ke arah yang tidak terduga setelah terkena bola sasaran ataupun memantul ke tepi meja.

English

Teknik english merupakan teknik memukul bola dengan menggunakan efek. Bola pukulan atau sodokan dari teknik ini mungkin akan bergerak tidak sesuai dengan rutenya. 

Dengan teknik english, pergerakan cue ball dapat dimanipulasi sedemikian rupa oleh player untuk mendapatkan posisi yang baik untuk pukulan selanjutnya.

Jumpshot

Teknik jumpshot merupakan tehnik agar membuat cue ball melompat untuk menghindari bola yang menghalangi jalur cue ball dengan bola sasaran.

Jumpshot dilakukan dengan menggunakan cue (stick) khusus, caranya dengan menekan bola putih dari atas sehingga bola menekan laken dan mengakibatkan bola bereaksi bergerak keatas.

Teknik jumpshot jarang dilakukan kecuali jika sangat terpaksa atau ada peluang untuk memaksa bola sasaran masuk dengan memakai teknik jumpshot.

Masse

Teknik pukulan dasar selanjutnya yaitu masse. Teknik ini membuat cue ball (bola putih) bergerak melengkung. 

Teknik ini biasa dilakukan pada saat bola sasaran terhalangi oleh bola lain. Sisanya adalah variasi dari pukulan-pukulan diatas. 


Semoga Bermanfaat!

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar